Site icon KaltengPos

Gubernur Distribusikan 419 Hewan Kurban

PENYALURAN: Kepala Dinas PUPR Kalteng H Shalahuddin mewakili Gubernur H Sugianto Sabran menyerahkan hewan kurban untuk masyarakat Kabupaten Batara, Jumat (8/7). Bantuan hewan kurban itu diterima langsung Bupati Batara H Nadalsyah.

PALANGKA RAYA-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng meng alokasikan 419 ekor sapi kurban bantuan Pemprov Kalteng untuk pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng. Bantuan sapi-sapi itu mulai didistribusikan ke daerah se-Kalteng, menjelang hari raya Iduladha, Jumat (8/7).

Menjelang perayaan Iduladha 1443 Hijriah, masyarakat Ka-bupaten Barito Utara (Batara) tersenyum semringah.

Bagaimana tidak? Daerah ini mendapat bantuan 61 ekor sapi dari Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran. Puluhan ekor sapi tersebut disebar ke ormas Islam, masjid, musala, dan pon-dok pesantren (ponpes). 

Satu dari puluhan ekor hewan kurban tersebut merupakan sapi jenis limou-sin yang berukuran jumbo. Hewan kurban tersebut telah didistribusikan ke Batara. Penyerahan bantuan hewan kurban dari Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dipimpin oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalteng H Shalahuddin ST MT.

Menurut H Shalahud-din, bantuan hewan kurban tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat menjelang pelaksanaan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah/2022 Masehi, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Barito Utara.

“Bantuan ini sebagai ben-tuk kepedulian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kepada masyarakat, khusus-nya umat Islam yang akan merayakan Iduladha 1443 Hijriah,” terang H Shalahud-din saat penyerahan hewan kurban, Jumat (8/7).

Tahun ini pemerintah provinsi menyiapkan ban-tuan sapi kurban sebanyak 419 ekor untuk didistribusi-kan ke 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah. Bantuan hewan kurban tersebut disalurkan melalui masjid, musala, pondok pesantren, dan panti asu-han di wilayah kabupaten/kota, dengan harapan agar masyarakat sekitar dapat ikut merasakan kemeriahan perayaan Hari Raya Idulad-ha melalui daging kurban yang didapatkan.

“Pesan Bapak Gubernur H Sugianto Sabran, sehubun-gan dengan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang terjadi saat ini, pemerintah telah melakukan upaya mitigasi risiko dan penye-suaian terhadap prosedur pelaksanaan kurban. Mulai dari tahapan penjualan hewan kurban, pemeriksaan kesehatan hewan kurban, pemotongan hewan kurban, penanganan daging kurban, dan penanganan limbah penyembelihan hewan kurban juga telah dilakukan,” sebutnya.

Ditegaskannya bahwa hewan kurban bantuan dari Pemprov Kalteng ini telah melalui pemeriksaan kes-ehatan oleh pihak terkait. Insyaallah terbebas dari penyakit mulut dan kuku.

“Kami juga mengharapkan agar panitia-panitia masjid yang mendapatkan bantuan hewan kurban, tetap mem-perhatikan prosedur peny-embelihan dan pembagian daging kurban, khususnya dalam hal pengemasan daging kurban. Dianjurkan untuk menggunakan daun atau plastik bening yang lebih aman daripada plastik daur ulang berwarna gelap,” harapnya.

Selain itu, karena saat ini pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, pemer-intah tetap mengimbau masyarakat agar pelaksanaan kurban tetap memperhatikan protokol kesehatan, yakni tetap memakai masker dan meminimalkan kerumunan.

“Saya juga mewakili pemerintah provinsi mengu-capkan selamat merayakan Iduladha 1443 Hijriah, semo-ga bantuan hewan kurban ini menjadi keberkahan bagi masyarakat, Amin Ya Rabbal Alamiin,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran diwakili Plt Kepala Biro Kes-ejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kalteng Ahmad Pah-ruka menyerahkan bantuan hewan kurban ke Kabupat-en Sukamara. Total hewan kurban yang diserahkan sebanyak 30 ekor dan selanjutnya akan didistri-busikan ke masjid, musala dan pondok pesantren yang tersebar di lima kecamatan di Kbuaten Sukamara.

“Bantuan hewan kur-ban ini disalurkan melalui masjid, musala dan pondok pesantren di wilayah kabu-paten/kota, dengan hara-pan agar masyarakat sekitar yang membutuhkan dapat memanfaatkan daging kurban pada perayaan hari raya Iduladha,” ungkapnya.

Dijelaskannya, peny-erahan hewan kurban menjelang Iduladha meru-pakan wujud nyata kepedu-lian Gubernur Kalteng Su-gianto Sabran terhadap masyarakat yang membu-tuhkan di wilayah Kabu-paten Sukamara.

“Semoga kita dapat terus saling berbagi, membantu dan menjalin kebersamaan serta solidaritas antar insan dan masyarakat untuk semakin menguatkan per-satuan untuk mewujudkan Kalteng Makin Berkah.

Sementara itu di tempat yang sama, Bupati Sukamara Windu Subagio mengu-capkan terimakasih kepada Pemprov Kalteng atas pem-berian sapi untuk masyara-kat di Kabupaten Sukamara.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov. Kalteng atas bantuan yang telah diberi-kan kepada Kab. Sukamara. Sapi ini akan kami serahkan kepada masyarakat,” pung-kasnya. (nue/abw/ce/ala/ko)

Exit mobile version