Site icon KaltengPos

Agustiar: Industri Pers Harus Bertransformasi

H Agustiar Sabran

PALANGKA RAYA-Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah (Kalteng) H Agustiar Sabran SKom mengapresiasi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 pada Rabu (9/2).

Menurut Agustiar, di tengah kemajuan dan perkembangan industri pers nasional, tekanan berat sangat terasa selama terjadinya pandemi. Begitu juga berbagai platform yang menggerus potensi ekonomi dan pengaruh media-media arus utama.

Oleh sebab itu, kata Agustiar, industri pers dituntut harus mampu bertransformasi dan berinovatif, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi untuk akselerasi pertumbuhan yang sehat, dengan tetap menyajikan berita-berita yang mencerdaskan dan berkualitas, sehingga terus mendapat kepercayaan masyarakat.

“Pers harus memperbaiki kelemahan, menguatkan pijakan untuk melompat tinggi, dan mampu bersaing di tengah perubahan, menghasilkan karya jurnalistik berkualitas secara cepat, akurat, dan tidak terjebak pada sikap pragmatis,” kata Agustiar saat berbincang dengan Kalteng Pos, kemarin (10/2).

Industri pers harus terus ditata dan iklim kompetisi terus diciptakan agar makin baik tata kelolanya ke depan. Peran dan fungsi media harus mampu mempertegas dan menopang kemajuan, serta mencerdaskan anak-anak bangsa.

“Kehadiran pers diharapkan menjadi pemberi informasi akurat kepada pemerintah dan masyarakat yang mencerdaskan kehidupan bangsa,” tegas pria yang juga menjabat Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng ini.

Di tengah perkembangan dunia digital, penyebaran informasi begitu cepat dan tak terkendali. Kedahsyatan teknologi menuntut semua orang untuk mampu dan harus beradaptasi mengikuti perkembangan ke depan.

Tantangan media pun berubah dan makin berat terasa saat ini, karena orang bisa memanfaatkan  teknologi informasi yang ada secara cepat. Karena itu, keberadaan PWI dan organisasi wartawan lainnya sangat dibutuhkan untuk menjaga kode etik jurnalistik dan bertindak profesional sebagai jurnalis yang membawa informasi akurat serta dapat dipercaya masyarakat.

Politikus PDIP tersebut mengucapkan selamat kepada seluruh wartawan, jurnalis, pewarta, dan keluarga besar wartawan Indonesia. Semoga wartawan dan seluruh pelaku media di Indonesia tetap jaya, serta membawa kemajuan dan ikut berperan dalam pembangunan bangsa dan negara. (nue/ce/ala/ko)

Exit mobile version