Site icon KaltengPos

Pemprov Dorong Percepatan Vaksinasi

PANTAU LANGSUNG: Wagub Kalteng H Edy Pratowo saat meninjau pelaksanaan program vaksinasi di Kabupaten Pulpis dan Kapuas, Jumat (11/6). (HUMAS UNTUK KALTENG POS)

PALANGKA RAYA-Semenjak mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) langsung tancap gas mengejar pencapaian program vaksinasi Covid-19. Untuk memastikan pelaksanaannya, Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo meninjau langsung vaksinasi massal di sejumlah sekolah di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Wagub mengatakan bahwa Pemprov Kalteng terus mendorong percepatan capaian program vaksinasi di seluruh kabupaten/kota. Hal itu disampaikannya saat melakukan peninjauan vaksinasi di SMAN 1 Kahayan Hilir, Kelurahan Bereng, Jumat (11/6).  

Edy Pratowo mengatakan bahwa vaksinasi diperuntukan bagi tenaga pendidik dan orang tua/wali murid yang berusia 50 tahun ke atas. Juga diberikan masyarakat umum yang tergolong lanjut usia (lansia) dan pralansi.

“Kami sangat mengapresiasi pemerintah kabupaten/kota yang memberikan support untuk terus melakukan gerakan vaksinasi massal di Kalteng ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo dan Gubernur H Sugianto Sabran,” ucapnya.

Oleh karena itu, diharapkan program vaksinasi massal ini dapat dilaksanakan secara maksimal di seluruh wilayah Kalteng demi kepentingan dan kesehatan bersama.

Pemerintah terus mempercepat program vaksinasi Covid-19 kepada guru dan tenaga pendidik. Hal itu dalam rangka persiapan menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM) yang bakal digelar Juli nanti.

“Ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat yang terus mendorong pemerintah daerah supaya segera melakukan percepatan vaksinasi Covid-19, khususnya kepada kelompok lansia dan pralansia yang menjadi sasaran prioritas, guna melindungi golongan rentan dari penularan Covid-19,” tambahnya.

“Kami juga sangat berharap agar sampai dengan Juli nanti target vaksinasi di Kalteng bisa mencapai 90 %, khususnya untuk kelompok lansia, seperti yang diharapkan Gubernur H Sugianto Sabran. Saat ini masih berada di kisaran 20-40 persen, semoga bisa mencapai hingga 90 %,” tambah wagub.

Dalam kunjungan kali ini, Wagub Edy bersama rombongan juga mengikuti salat Jumat di Masjid Agung Al-Mukarram Kapuas bersama masyarakat. Momen itu juga digunakan wagub untuk memberikan arahan kepada jemaah masjid soal pelaksanaan vaksinasi massal.

“Masyarakat harus berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan pemerintah, karena tidak dipungut biaya alias gratis. Kami berharap dengan adanya vaksinasi ini, penyebaran virus dapat dikendalikan sehingga perekonomian bisa segera pulih kembali,” kata wagub.  

Edy meminta agar puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Kapuas tetap memberikan pelayanan vaksinasi, sekaligus mengajak masyarakat untuk terlibat aktif menyukseskan program vaksinasi ini.

“Harapan kami makin banyak masyarakat yang divaksin,” ucap Edy Prawoto.

Dikatakan Edy, ada laporan yang diterima bahwa Kabupaten Kapuas mengalami kekurangan dosis vaksin. Namun wabug memastikan bahwa Menteri Kesehatan sudah menginstruksikan pendistribusian 41.000 vaksin ke Kalteng. Apabila vaksin sudah diterima pemprov, tiap kabupaten/kota dapat mengajukan untuk pengambilan vaksin tersebut.

“Namun dengan syarat vaksin yang sudah didisitribusikan sebelumnya digunakan secara maksimal oleh kabupaten/kota, itu akan dicek nanti,” tegas mantan Bupati Pulang Pisau ini.

Wagub mengharapkan ada koordinasi dan kerja sama stakeholder terkait, sehingga program vaksinasi bisa dilaksanakan door to door atau rumah ke rumah demi mempercepat capaian. “Kalteng menargetkan pada Juli nanti minimal sudah capai 70-90 persen,” sebutnya.

Disinggung terkait rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten Kapuas, Wagub Edy mengatakan bahwa secara keseluruhan yang di-update untuk kabupaten/kota berdasarkan persentase jumlah penduduk dengan yang sudah divaksin. “Kami akan terus dorong agar makin banyak masyarakat Kapuas yang divaksin,” tutupnya.

Sementara itu, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari menyampaikan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu memperlancar pelaksanaan vaksinasi massal. Ia optimistis bahwa target vaksinasi bisa tercapai jika ada kesungguhan dan kerja sama. Wakapolda menyebut bahwa kehadiran pihaknya di Kabupaten Kapuas adalah untuk memotivasi masyarakat mengikuti program vaksinasi ini. “Semoga yang kita lakukan ini tidak sia-sia, semua itu dalam upaya mewujudkan Kalteng sehat,” tuturnya. (nue/alh/ce/ala)

Exit mobile version