Site icon KaltengPos

Vaksinasi Bonus Minyak Goreng

DISERBU WARGA: Pengunjung yang datang ke kawasan CFD di Bundaran Besar menyerbu pelayanan vaksinasi berbonus minyak goreng gratis, Minggu (13/3).

PALANGKA RAYA-Aktivitas ekonomi saat car free day (CFD) di Bundaran Besar menggeliat lagi. Di kawasan ini, tiap akhir pekan selalu ramai oleh aktivitas masyarakat yang berolahraga, bersantai, maupun kegiatan pelaku usaha. Semenjak pandemi melanda Palangka Raya, CFD ditiadakan. Kini pemerintah daerah memberi izin untuk mengaktifkan lagi CFD, terhitung mulai Minggu (13/3).

Ada hal menarik pada CFD yang berlangsung kemarin pagi. Tenda pelayanan vaksinasi banyak didatangi warga Kota Cantik. Bagaimana tidak? Warga yang menerima suntikan vaksinasi diberi bonus minyak goreng.

Kegiatan vaksinasi yang digagas oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng ini banyak diserbu warga. Sangat antusias dan bersemangat mendaftar vaksinasi, karena bisa membawa pulang satu bungkus minyak goreng berukuran 2 liter.

Berdasarkan pemantauan Kalteng Pos di lapangan, ada dua tempat layanan vaksinasi yang disediakan tim satgas. Yakni di halaman Bundaran Besar dan di depan Pos Patroli Lalu Lintas Polresta Palangka Raya. Dua titik tersebut diserbu warga. Cuaca pagi itu yang mendung disertai hujan rintik-rintik, rupanya tidak menyuruti semangat warga untuk mengikuti vaksinasi yang dimulai sekitar pukul 06.30 WIB. Petugas melayani warga yang ingin mendapatkan suntikan vaksin dosis I, dosis II, maupun dosis III (booster).

Salah satunya Purwanto. Warga Jalan Mentaya itu menyambut baik layanan vaksinasi berbonus minyak goreng yang dilaksanakan kemarin. “Kalau seperti ini membangkitkan antusias warga untuk ikut vaksinasi,” kata Purwanto yang ditemani istrinya.

Purwanto mengaku jika dirinya datang ke kawasan CFD kemarin pagi dengan maksud untuk mendapatkan vaksinasi dosis III atau booster.

Perasaan senang bisa mendapatkan vaksinasi juga disampaikan pasangan Rahel dan  Sugiyono, warga Jalan Bukit Hindu. “Saya senang ada kegiatan seperti ini, apalagi sekarang sudah bisa kumpul-kumpul rame lagi,”  ucap Rahel.

Rahel mengaku datang ke Bundaran saat itu untuk menerima suntikan vaksin dosis III, sementara Sugiyono mengikuti vaksinasi dosis I.

Sugiyono mengaku baru punya kesempatan untuk mengikuti vaksinasi karena terhalang oleh kesibukan kerja sehari-hari.

Sementara itu, Falery Tuwan selaku Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng yang juga Sekretaris Tim satgas Penanganan Covid-19 Kalteng menerangkan, vaksinasi gratis untuk masyarakat yang dilayani bersamaan dengan momen CFD ini merupakan salah satu langkah strategi pemerintah untuk percepatan vaksinasi kepada masyarakat.

“Jadi langkah strategi pemerintah sekarang nomor satunya vaksinasi, meningkatkan akselerasi supaya semua masyarakat menerima vaksinasi,” terang Falery Tuwan yang diwawancarai saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pagi itu.

Terkait vaksinasi berbonus minyak goreng ini, kata Falery Tuwan, pihaknya menyiapkan sekitar 1.500 bungkus minyak goreng berukuran 2 liter untuk dibagikan kepada warga yang ikut vaksinasi.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan vaksinasi seperti ini, masyarakat tertarik untuk ikut vaksinasi, sehingga target capaian vaksinasi yang telah ditetapkan bisa tergapai. “Karena kunci untuk meningkatkan imunitas tubuh cuma satu, yaitu vaksin,” pungkasnya. (sja/abw/ce/ala/ko)

Exit mobile version