Site icon KaltengPos

Tak Perlu Cemas, Hepatitis Akut Misterius Mudah Pencegahannya

Kadinkes Kalteng Dr dr Suyuti Syamsul (kanan) saat berbincang dengan wartawan senior Kalteng Pos Heronika Rahan dalam acara talk show, Jumat (13/5). Foto; Budipras/ kalteng pos

Hepatitis akut misterius merebak di Inggris April lalu. Kemudian tersebar ke 15 negara, termasuk Indonesia. Di Jakarta, ada 3 kasus anak meninggal diduga akibat penyakit yang masih belum diketahui penyebabnya ini. Lantas, apakah berpotensi masuk ke Kalteng? Berikut ulasan perbincangan Kalteng Pos dengan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kalteng Dr dr Suyuti Syamsul MPPM.

BUDIPRAS, Palangka Raya

HEPATITIS yang sering diderita warga Kalimantan Tengah (Kalteng) adalah penyakit hepatitis A, B, C, D, dan E. Penu­laran hepatitis A melalui saluran pencernaan.

“Sedangkan hepatitis B, C, D, dan E, penularanya melalui cairan tubuh. Hepatitis jenis ini, bisa menjadi penyakit tahunan dan menyebabkan kematian,” ucap Suyuti Syamsul saat talk show bersama Kalteng Pos di studio KPFM, Jumat (13/5).

Kemudian, lanjut Suyuti, muncul lagi satu penyakit yang gejalanya seperti hepatitis akut yang ditandai oleh sklera atau bola mata putih yang berubah menjadi kuning, nyeri di hati, nyeri di bagian bawah rusuk kanan, serta kulit kekuningan-kuningan. Dan satu lagi gejala yang sama dengan hepatitis yaitu air seni berwarna cokelat.

Lebih lanjut dikatakannya, penyakit hepatistis ini tidak berlanjut atau diperkirakan tidak sakit hingga tahunan atau menahun. Karena itu masuk dalam kategori akut. Disebut misterius, karena penyebabnya tidak jelas dan belum diketahui pasti.

“Diduga Adenovirus menjadi salah satu penyebab infeksi hepatitis akut misterius ini. Namun, selama ini Adenovirus tidak pernah tercatat sebagai penyebab hepatitis, makanya ini sangat misterius,” sebut Suyuti.

Kemudian ada yang menghubungkan dengan vaksin Viser dan Astrazeneka. Karena kebetulan protein yang digunakan adalah protein Adenavirus. Padahal dengan Adenavirus berbeda.

“Ternyata, sebagian besar yang terkena hepatitis akut misterius ini adalah mereka yang tidak pernah divaksin. Maka, dugaan akibat vaksin gugur dengan sendirinya,” tambah Suyuti.

Dikatakan Suyuti, hepatitis akut misterius merebak di Inggis, kemudian tersebar ke 15 negara, termasuk Indonesia. Sebagian besar menyerang anak di bawah usia 16 tahun. Paling banyak yang berusia 5 tahun.

Menurutnya, sejauh ini hepatitis akut misterius belum terdeteksi masuk di Kalteng. “Sejak awal kami sudah meminta penguatan sistem kewaspadaan dini (SKD). Tidak hanya terhadap hepatitis, tetapi untuk semua penyakit yang berpotensi menjadi wabah dan kejadian luar biasa (KLB). “Sampai saat ini, SKD belum mendeteksi adanya kasus seperti itu,” tuturnya.

Dikatakan Suyuti, karena penularanya melalui pencernaan, kemungkinan besar hepatitis akut misterius tidak akan masuk ke Kalteng dalam waktu dekat. Berbeda dengan Covid-19 yang penularanya melalui pernafasan. Penyebaran akan lebih lambat jika melewati pencernaan. Kalaupun terjadi penularan, maka kemungkinan terjadi di daerah-daerah tertentu saja atau bersifat lokal.

“Jadi tingkat kekhawatiran tidak setinggi menghadapi Covid-19. Karena kemungkinan menjadi pandemi hampir mustahil. Penularannya sangat terbatas dan pencegahannya pun sangat mudah,” kata Suyuti.“Cukup cuci tangan dengan sabun pada air mengalir sebelum menyentuh dan mengolah makanan, insyaallah aman. Tidak perlu takut berlebihan, karena itu justru akan menimbulkan penyakit lain,” tambahnya.

Suyuti memastikan bahwa Pemprov Kalteng akan tetap dan terus melakukan upaya pencegahan, agar penyakit tersebut tidak sampai masuk ke Kalteng. Selain adanya beberapa kebijakan pengetatan pada pintu masuk dan keluar Kalteng, pihaknya juga terus melakukan pemantauan di lapangan.

“Kami minta kepada puskesmas memantau dan mengimbau masyarakat. Kalau menemukan ada anak-anak yang mengalami gejala seperti dijelaskan tadi, maka segera bawa ke puskesmas, posyandu, atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” pungkasnya. (*/ce/ala)

Exit mobile version