Site icon KaltengPos

Koyem Siap Bertarung di Pesta Demokrasi

Ketua DPD Demokrat Kalteng H Nadalsyah

PALANGKA RAYA-Nama H Nadalsyah makin populer dan dikenal khalayak di Bumi Tambun Bungai. Di bawah kepemimpinannya, Kabupaten Barito Utara (Batara) terus maju dan berkembang. Bupati yang akrab disapa H Koyem ini juga berhasil mendongkrak suara Partai Demokrat Kalteng. Di kancah nasional, Koyem pun dipercayakan sebagai Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI). Dengan berbagai keberhasilan tersebut, figur Koyem digadang-gadang menjadi salah satu kandidat kuat yang berpotensi maju pada pemilihan gubernur (pilgub) Kalteng 2024 mendatang.

Tak disangka, kabar baik pun datang dari pria yang juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kalteng ini. H Nadalsyah menyatakan siap maju bertarung pada pesta demokrasi 2024 mendatang, baik pemilihan legislatif (pileg) DPR RI maupun pemilihan gubernur (pilgub). Bupati yang mendapat rekor sebagai salah satu calon menang satu putaran pada pilbup 2013 dengan tujuh paslon, menyatakan siap untuk bersaing dengan sejumlah tokoh di Bumi Tambun Bungai ini. Koyem menyadari bahwa tak sampai 10 bulan lagi, tepatnya 24 September 2023, masa jabatannya bersama Wakil Bupati Sugianto Panala Putra akan berakhir. Karena itu, ia punya harapan menuntaskan masa kerja sebagai bupati dengan hasil dan capaian yang luar biasa.

“Mohon doa restu dari semua masyarakat Kalimantan Tengah, tapi ini bukan kampanye, kemungkinan nanti saya akan ikut maju pada pileg dan pilkada mendatang, setelah dua tahapan pemilu 2024 yaitu pileg dan pilpres, barulah pelaksanaan pilkada yaitu pilgub, pilwakot, dan pilbup,” katanya kepada Kalteng Pos, Selasa (13/12).

H Nadalsyah memohon doa restu dari seluruh masyarakat Kalteng di mana pun berada. Ia berencana mencaleg sebagai anggota DPR RI terlebih dahulu. “Ini informasi saja yang perlu diketahui masyarakat,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa H Koyem itu melanjutkan, niatnya ikut mencalon wakil rakyat DPR RI daerah pemilihan Kalteng adalah demi memperjuangkan aspirasi masyarakat Kalteng di Senayan.

“Sehingga nantinya saya masih bisa menyuarakan aspirasi masyarakat Kalteng, khususnya Kabupaten Barito Utara. Saya siap membawa dan menyuarakan apa yang diusulkan oleh ASN, para guru, dan lainnya sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) saya nanti,” ungkapnya.

H Koyem menegaskan, sebagaimana yang disampaikan itu, ia memantapkan tekad untuk maju sebagai calon legislatif dan calon gubernur Kalteng pada gelaran pemilu serentak mendatang.

Terlepas dari hal itu, secara pribadi tentunya H Nadalsyah berharap agar partai politik peserta pemilu makin maju, makin getol memperjuangkan kepentingan rakyat, memegang teguh untuk menjaga dan mengawal Pancasila, serta memperkokoh persatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

Ia mengajak semua pihak untuk membangun komitmen bersama melaksanakan pesta demokrasi dengan aman, damai, lancar, sukses, tanpa memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa. Itulah yang harus dijaga dan dilestarikan ke depan.

Menyambut pesta demokrasi pemilihan legislatif, pemilihan presiden dan wakil presiden, serta pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan secara serentak pada 2024 mendatang, diperlukan komitmen bersama untuk menjadikan pemilu yang demokratis, jujur, adil, dan bermartabat. Tahapan pemilu sudah dan sedang dijalankan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalteng H Junaidi SAg menyebut ada banyak capaian dan prestasi membanggakan yang telah diraih bupati yang menjabat dua periode itu. Selain berhasil membangun Batara maju dan berkembang pesat, H Nadalsyah juga sukses membawa Partai Demokrat Kalteng menuju kejayaan dengan raihan kursi cukup siginifikan pada pemilihan legislatif 2019 lalu.

Menurut H Junaidi, bagi kader Partai Demokrat, H Nadalsyah merupakan sosok seorang bapak yang selalu mengayomi dan melindungi keluarga besar Partai Demokrat. Juga merupakan sosok yang murah hati serta suka membantu siapa saja yang membutuhkan, baik kader maupun masyarakat, tanpa memandang latar belakang.

Sosok seperti H Nadalsyah dinilai sangat dibutuhkan Partai Demokrat dalam membesarkan partai dari tingkat bawah menuju Partai Demokrat Emas tahun 2024. Nadalsyah yang lebih akrab dipanggil Koyem ini lahir di Desa Lemo, Kecamatan Teweh Tengah, 12 Maret 1965 dari pasangan H Anton Idris dan Hj Siti Rukayah. Anak kedua dari enam bersaudara itu menamatkan pendidikan dasar pada salah satu sekolah di desa yang terletak di pinggiran Sungai Barito.

Untuk diketahui, pada pileg 2019, Partai Demokrat di bawaha kepemimpinana H Nadalsyah sukses memperoleh 34 kursi di DPRD kabupaten/kota se-Kalteng serta 6 kursi DPRD provinsi. Bahkan Partai Demokrat Kalteng mampu mengamankan 1 kursi di DPR RI. Dengan perolehan suara sebanyak itu, Partai Demokrat Kalteng mampu bertengger di urutan tiga perolehan kursi legislatif.

Namun capaian itu cukup fantastik, tapi tak membuat H Nadalsyah jemawa. Sebaliknya ia tetap rendah hati. Sehingga ada harapan bahwa di tangan dingin H Nadalsyah, Partai Demokrat Kalteng bisa terus maju mewujudkan cita-cita partai dan melayani masyarakat.

Di mata seluruh kader, H Nadalsyah adalah figur pemimpin yang ramah, rendah hati, dan visioner. Mereka sangat bersyukur atas hadirnya sosok H Koyem.

Sebagai partai besar, tentunya Partai Demokrat punya target politik tersendiri, yang terbilang tidak mudah untuk dicapai. Karena itu, kehadiran H Nadalsyah memimpin Partai Demokrat Kalteng membangkitkan motivasi dan memompa keyakinan kader bahwa yang menjadi ekspektasi Partai Demokrat Kalteng bisa diwujudkan.

Di bawah kepemimpinan H Nadalsyah, Partai Demokrat Kalteng makin modern dan terbuka. Semua struktur diberikan ruang, sehingga dapat berperan optimal sesuai tupoksi masing-masing. Kebijakan-kebijakan internal dibuat secara demokratis. Tidak ada keputusan yang diambil sendiri. Ideologi Demokrat betul-betul dijaga dan dihormati. Dengan apa yang telah ditunjukkan H Nadalsyah selama ini, semua kader partai berharap pada saatnya nanti H Nadalsyah akan bisa memimpin Kalteng. (nue/ala)

Exit mobile version