Site icon KaltengPos

Bersinergi Antarlintas, Kunci Kelancaran Pemilu di Wilayah Kalteng

CEK PASUKAN: Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto didampingi Wakil Gubernur H Edy Pratowo dan Kasiops Kasrem 102/Pjg, Kolonel Inf Rendra Dwi A mengecek pasukan saat apel gelar pasukan operasi Mantap Brata Telabang, Selasa (17/10). ARIEF PRATHAMA/KALTENG POS

PALANGKA RAYA-Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Mantap Brata Telabang, Selasa (17/10). Apel itu digelar dalam rangka pengecekan kesiapan pengamanan tahapan pemilu tahun 2023-2024.

Apel di lapangan Barigas itu dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto didampingi Wakil Gubernur H Edy Pratowo dan Kasiops Kasrem 102/Pjg, Kolonel Inf Rendra Dwi A.

Dalam arahannya, Kapolda menekankan pentingnya sinergi dan kekompakan seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu yang tidak lama lagi dimulai.

“Keberhasilan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilu memerlukan kerja sama dan koordinasi yang baik antara semua pihak terkait,”katanya saat menyampaikan amanat di hadapan peserta apel.

Jenderal bintang dua itu mengingatkan para personel untuk selalu menjunjung tinggi disiplin dan profesionalisme dalam menjalankan tugas mereka. Ia menegaskan bahwa pengamanan pemilu merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga stabilitas dan keamanan wilayah Kalteng.

Kegiatan apel gelar pasukan ini merupakan salah satu langkah awal dari persiapan yang matang untuk mengamankan pelaksanaan tahapan pemilu serentak.

“Dengan semangat sinergi dan kekompakan, Polda Kalteng akan mampu menjaga kelancaran proses demokrasi dan memberikan perlindungan kepada seluruh warga yang akan menggunakan hak pilih mereka,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Karo Ops Polda Kalteng Kombes Pol Tory Kristanto menyebutkan Polda Kalteng mengerahkan 1988 personel. Personel mulai bertugas pada tahapan pendaftaran pada 19-25 Oktober 2023, minggu tenang, masa kampanye  hingga masa pencoblosan.

“Penekanan yang kami berikan kepada personel yakni dengan menyikapi dinamika yang ada, semuanya harus berdasarkan operasional dan prosedur dalam mengambil langkah-langkah,” tegas Tory Kristanto.

Pada tahapan pengiriman logostik nantinya pihaknya akan mendapatkan kendala, karena bertepatan dengan musim penghujan. Maka dari itu, ia menegaskan bahwa telah bekerja sama dengan stekholder agar kotak suara bisa sampai dengan tepat waktu dan selamat.

“Kota suara itu harus tepat pada sasarannya dan waktunya. Kita semua tahu, Kalteng merupakan wilayah yang luas ditambah lagi dengan musim penghujan. Namun kotak suara harus datang tepat pada waktunya hingga wilayah pedalaman,”tegasnya.(irj/ram)

Exit mobile version