Site icon KaltengPos

Sugianto-Edy Dilantik 25 Mei

Sugianto Sabran-Edy Pratowo

PALANGKA RAYA-Rencana pelantikan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah terpilih, Sugianto Sabran-Edy Pratowo, menemui titik terang. Empat hari lagi atau tepatnya pada Selasa (25/5) juara pemilihan kepala daerah serentak ini akan dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.

BACA JUGA: Pelantikan Sugianto-Edy Harus Tepat Waktu

Kepastian ini disampaikan Sekda Kalteng Fahrizal Fitri. Sekda membenarkan bahwa jadwal keputusan terkait waktu dan tempat pelantikan gubernur dan wakil gubernur Kalteng periode 2021-2024 sudah diturunkan dari Sekretariat Negara (Setneg). 

“Pelantikan akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, tepatnya pukul 10.00 WIB,” ungkap Sekda Kalteng Fahrizal Fitri kepada Kalteng Pos, kemarin (20/5).

Ditambahkan sekda, untuk geladi resik proses pelantikan dijadwalkan akan dilaksanakan Senin 24 Mei 2021 dan dihadiri langsung oleh gubernur dan wakil gubernur terpilih, Sugianto-Edy.

“Dalam pelantikan nanti jumlah undangan terbatas, yang hadir antara lain ketua DPRD Kalteng, unsur forkopimda seperti kapolda, danrem, pangdam, dan lainnya,” terang mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalteng ini.

Adanya kepastian ini sesuai dengan harapan masyarakat Kalteng. Dengan demikian tidak terjadi kekosongan jabatan setelah berakhirnya masa kepemimpinan gubernur dan wakil gubernur Sugianto-Habib (SOHIB) pada hari yang sama.

Pengamat politik Dr Jhon Retei Alfri Sandi menyebut, gubernur dan wakil gubernur terpilih tentu akan meneruskan program kerja yang sudah ada. Tinggal memperkuat sinergisme keduanya, sehingga roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik ke depan.

BACA JUGA: Sugianto-Edy Dilantik di Istana

Terkait pelaksanaan program serta visi dan misi, menurut Jhon, karena merupakan periode kedua H Sugianto Sabran memimpin Kalteng, maka ia yakin bahwa gubernur telah memiliki program prioritas yang sudah tersusun secara baik. Program yang sudah dikerjakan selama ini akan dilanjutkan ke depannya.

Menurtunya, hal penting yang dilakukan adalah membangun sinergi antara gubernur dan wakilnya. Berdasarkan pengalaman yang dimiliki kedua tokoh ini, Jhon meyakini keduanya tidak akan mengalami kesulitan untuk hal itu.

Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya optimistis terhadap kepemimpinan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo. Keduanya dipercaya bisa membawa Kalteng makin maju dan berkembang ke depannya, sehingga bisa bersaing dengan daerah maju lainnya. 

Habib meyakini duet Sugianto-Edy akan mampu menuntaskan permasalahan yang ada di Kalteng selama memimpin kurang lebih empat tahun ke depan, sesuai dengan harapan seluruh masyarakat di 14 kabupaten/kota se-Kalteng. (nue/ce/ala)

Exit mobile version