Site icon KaltengPos

Akibat Puntung Rokok, Lahan 1 Hektare Terbakar

ILUSTRASI

PANGKALAN BUN- Diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan, lahan satu hektare terbakar. Kebakaran lahan tersebut terjadi di Sekitar Daerah Tengkawang, Desa Sungai Sekonyer, Kecamatan Kumai.

Kebakaran diketahui setelah munculnya titik api dan langsung dilakukan tindak lanjut oleh tim gabungan, Minggu (25/4) sekitar pukul 12. 30 WIB. Api berhasil dipadamkan dan langsung dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian.

Kapolres Kobar AKBP Devi Firmansyah melalui Kapolsek Kumai Ipda Rais Fadhillilah mengatakan, saat ini masih dilakukan penyelidikan apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. Tim gabungan dari Polri TNI serta BPBD sudah melakukan pengecekan di lokasi kejadian.

Dikatakanya, untuk menuju lokasi kebakaran lahan cukup jauh.  Pihaknya berangkat dari Pelabuhan Kumai mengunakan speed boat dan dilanjutkan roda empat menuju Daerah Banitan RT 03 Desa Sungai Sekonyer.

“Kami menemukan rumput dan pepohonan yang habis terbakar. Lokasi kebakaran adalah bekas tambang rakyat yang berbatasan dengan Taman Nasional Tanjung Puting,”katanya.

Sedangkan untuk luasan yang terbakar kurang lebih satu hektare. Dan diperkirakan api ini sendiri berasal dari penting rokok pemancing yang dibuang sembarangan.

Saat ini lokasi sudah dipasang garis polisi untuk dilakukan pendalaman. Polisi bersama dengan TNI langsung melakukan penyisiran untuk memastikan tidak ada titik api lainnya. Bahkan beberapa warga juga diimbau untuk selalu waspada dan melaporkan apabila menemukan adanya karhutla.

“Kami sudah minta dan mengimbau warga agar jangan melakukan pembakaran lahan. Kami akan tindak tegas apabila nantinya ada yang nekat membakar,”ucapnya.(son/bud)

Exit mobile version