Site icon KaltengPos

Penerapan Nilai Pancasila Pada Era Digital Menjadi Penting

PALANGKA RAYA – Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022 disebut sebagai momentum bagi segenap bangsa Indonesia untuk senantiasa menghormati, menjunjung dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tidak terkecuali pada era digital saat ini, justru nilai-nilai Pancasila akan sangat dibutuhkan dalam upaya menjaga keutuhan dan kerukunan kehidupan dimasyarakat dewasa ini. Sehingga diharapkan mampu membawa masyarakat dan bangsa Indonesia menjadi bangsa besar yang memiliki peran yang lebih luas, sejahtera masyarakatnya dan maju.

H Heru Hidayat ST MPd

Tokoh Pemuda Kalimantan Tengah, H. Heru Hidayat, ST, M.Pd menyampaikan bahwa momentum hari lahir Pancasila menjadi bagian dari pengingat semua anak bangsa dan lebih khusus generasi muda agar terus belajar akan sejarah dan menghargai upaya para pejuangan serta berupaya menerapkan nilai-nilai Pancasila pada era digital saat ini.

“Kemajuan teknologi dan kecepatan informasi harus diimbangi dengan kesiapan menjaga dan menerapkan nilai-nilai Pancasila secara baik dan benar. Sehingga kemampuan tersebut akan memberi manfaat bagi seluruh anak bangsa dalam mengoptimalkan teknologi dan informasi pada era digital ini,” ujar Heru.

Misalkan saja menurut Heru, dalam penerapannya di media sosial agar kita mampu saling menghormati, saling bertoleransi dan memperkuat peran komunikasi dengan membangun narasi persatuan sesama anak bangsa. Tidak melakukan ujaran kebencian, menistakan agama dan menghindari berita yang tidak benar (hoax), serta kebencian diantara sesama anak bangsa atau tindakan melanggar hukum lainnya.

Karenanya menurut Alumni HMI ini, bagaimana upaya semua pihak untuk terus membangun kepasitas warga negara agar mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan jaman termasuk pada era digital saat ini. Sehingga kecepatan dan perkembangan teknologi tersebut diikuti kematangan dalam menghadapi berbagai situasi terkini dengan tetap menjaga keutuhan dan persatuan sesama anak Bangsa ujar Heru.

Selain itu, menurut alumni pasca sarjana UPR ini, era digital ini membantu upaya semua pihak dalam melakukan edukasi dan sosialisasi bagaimana agar sesama anak Bangsa mampu memberikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dimasyarakat. Dengan harapan akan semakin kokoh karakter masyarakat yang ditopang oleh nilai-nlai Pancasila sehingga mampu menjadikan lingkungan masyarakat yang semakin rukun, saling tolong menolong dalam kebaikan dan menumbuhkan semangat kebaikan untuk menjadikan masyarakat yang beradab, sejahtera dan maju.

Karena itu, menjadi sangat penting upaya kita bersama untuk terus mengedukasi kepada masyarakat lebih khusus para pemuda untuk memiliki bekal yang kokoh dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kemajuan teknologi dan kecepatan informasi di era digital ungkap Anggota DPRD Kalteng periode 2009-2014 ini.(rls/sma)

Exit mobile version