Site icon KaltengPos

Disdik, PGRI dan Pramuka Galang Bantuan

Kadisdik Kapuas Dr H Suwarno Muriyat didampingi Pimpinan SWBB Kapuas Efraim SPd dan Sri Candra Nilawati SPd menerima bantuan dana dari hasil penggalangan dana oleh Anggota SWBB Binaan Disdik Kapuas.

KUALA KAPUAS – Walaupun banjir yang melanda 12 Desa yang tersebar di 5 Kecamatan (Mandau Talawang, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Pasak Talawang dan Timpah) awal pekan lalu dan kini telah berangsur surut, namun tetap mendorong semangat dari Jajaran Dinas Pendidikan (Disdik), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas untuk menggalang bantuan dana dan segera menyalurkannya.

Kadisdik Kapuas dalam rilisnya, menyatakan jika dalam seminggu terakhir Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kapuas dan Satuan Karya Widya Budaya Bakti (SWBB) Binaan Disdik Kapuas langsung menggalang dana dibeberapa jalan protokol dan di depan perbankan dalam Kota Kuala Kapuas mendapat respon positif dari masyarakat, Sabtu (29/5).

Dikatakannya, para Guru yang tergabung dalam PGRI kabupaten, kecamatan dan Badan Khusus Perempuan PGRI Kapuas juga telah bergerak dan menerima dana melalui rekening organisasi. Hal yang sama dilakukan pula oleh sejumlah Pusat Kegiatan Masyarakat se Kabupaten Kapuas melalu SWBB.

“Semua ini kami lakukan secara sukarela sebagai wujud solidaritas guna meringankan penderitaan saudara kita yang mengalami musibah. Insyaallah 1 Juni (kemarin; red) bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila kami akan serahkan langsung ke lokasi banjir,” ucap H Suwarno Muriyat

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Kadeni, M.Pd yang juga Ketua Kabupaten PGRI Kapuas didampingi Ketua Pramuka Peduli Mulyadi, Pengurus SWBB Efraim, BKP PGRI Elpelina Sinaga dan Ketua Kecamatan PGRI Selat MAS Muntoha, menyatakan kesiapan untuk penyerahan bantuan.

Dijelaskannya, hingga Sabtu (29/5) telah terhimpun uang tunai hampir Rp 50 juta. Ada juga berupa barang. Uang tunai digunakan untuk membeli beras, gula, minyak goreng, teh, kopi, ikan dalam kaleng dan mie instan, sehingga menjadi sedikitnya 300 paket/kemasan. Bupati Kapuas sesuai info dari Kadisdik akan memberi bantuan tas Program Pendidikan Hebat, Kapuas Cerdas beserta perlengkapan buku dan alat tulis untuk ratusan peserta didik yang terdampak banjir.

Hal senada disampaikan Koordinator Pramuka Peduli Kwarcab Kapuas, Mulyadi SPd MA disela kesibukkan pembelian dan pengemasan bantuan bersama Daniel Bitak selaku Pengelola Sanggar Pramuka Kapuas yang dijadikan sekretariat kegiatan, imbauan bagi masyarakat yang akan menyumbang dapat menghubungi Tim Pelaksana atau mengantarkan langsung ke Sanggar Pramuka Jalan Keruing Nomor 1 Kuala Kapuas. (hmsddk/hmskmf/ans/ko)

Exit mobile version