Site icon KaltengPos

Kotim Dapat Penghargaan dari Menteri Keuangan

PENGHARGAAN: Bupati Kotim, H Halikinnor menerima penghargaan dari Menteri Keuangan RI atas peraihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Selasa (5/10).

SAMPIT – Sebuah prestasi membanggakan diraih Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaan atas prestasinya mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini WTP dari BPK diraih Kabupaten Kotim sejak tahun 2014 hingga tahun 2020.

Piagam penghargaan dari Menteri Keuangan itu diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Hari Otumo kepada Bupati Kotim, H Halikinnor, Selasa (5/10).

“Penghargaan ini menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi kami di pemerintahan untuk mempertahankan dan meningkatkan pengelolaan maupun laporan keuangan daerah di masa mendatang,” kata bupati.

Dia mengakui, Pemkab Kotim sempat mengalami kesulitan di tengah pandemi Covid-19 dalam penyusunan laporan keuangan pada 2020. Dimana penerimaan daerah dan negara berkurang, DAU diturunkan, DAK banyak batal, DBH juga diturunkan dan masih piutang, begitu juga PAD yang berkurang.

Kendati demikian, kata Halikinnor tidak menjadi penghalang, dan Kotim tetap dapat meraih penghargaan opini WTP. “Kotim sudah meraih WTP selama tujuh kali. Setiap lima kali berturut-turut, mendapatkan penghargaan predikat tertinggi,” ujar kata Halikinnor.

Bupati berharap, seluruh pegawai di Pemkab Kotim tetap terus bekerja dengan baik. Karena beban lebih berat adalah saat mempertahankan penghargaan, dibanding meraihnya.

Dia menambahkan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk, keuangan negara di kelola dengan baik oleh Pemkab Kotim. “Pertahankan prestasi ini dan lebih bagus lagi kalau perlu ditingkatkan lagi,” tandasnya.

Halikinnor mengucapkan, terima kasih kepada seluruh penyelenggara pemerintahan yang ada, dari pihak DPRD. Dia juga memberikan apesiasi kepada seluruh perangkat daerah, kepala dinas, badan serta camat yang telah melaksanakan tugas dalam pengawasan sistim pengelolaan keuangan yang baik sehingga Kabupaten Kotim meraih opini WTP. (sli/ans)

Exit mobile version