Site icon KaltengPos

Kalteng Terbaik Se-Indonesia

PENYERAHAN: Kepala Kanwil DJPb Kalteng Hari Utomo (kanan) menyerahkan penghargaan kepada Wagub Kalteng H Edy Pratowo (tengah) di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (8/4).

PALANGKA RAYA-Pemerin­tah Provinsi (Pemprov) Kalteng menerima dua penghargaan sekaligus. Penghargaan pertama dari Direktur Jenderal Perbendaharaan, yang menempatkan Kalteng sebagai juara pertama kategori kinerja pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik terbaik tingkat provinsi se-Indonesia tahun anggaran 2021.

Penghargaan kedua yakni Hapakat Award semester I tahun 2021 dari Kanwil Ditjen Perben­daharaan Kalteng, sebagai juara pertama kategori kerja sama dan kontribusi terbaik dalam penyu­sunan laporan keuangan dan statistik keuangan pemerintah.

Dua penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kalteng Hari Utomo kepada Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (8/4).

Dalam kesempatan itu, Kepala Kanwil DJPb Kalteng Hari Utomo mengatakan bahwa kinerja penyaluran DAK ἀsik Pemprov Kalteng sampai dengan 31 Desember 2021 adalah Rp1,5 triliun lebih atau 95,04 persen dari pagu sebesar Rp1,6 triuliun lebih. Kinerja penyaluran ini lebih tinggi dari rata-rata nasional 89,66 persen.

“Pagu DAK ἀsik ini terdiri dari 132 bidang atau 232 subbidang yang tersebar pada 15 pemda, baik Pemprov Kalteng maupun pemerintah kabupaten/kota,” ucapnya.

Dengan capaian prestasi ini, pihaknya berharap para kepala perangkat daerah (PD) di lingkup Pemprov Kalteng lebih meningkatkan lagi kinerja dan mengakselerasi serapan dana DAK ἀsik tahun 2022, mengingat besar manfaatnya untuk mendorong tumbuh kembangnya perekonomian Kalteng. “Pada tahun anggaran 2022, terdapat alokasi DAK ἀsik sebesar Rp1,590 miliar untuk pemda se-Kalteng,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Wagub Kalteng H Edy Pratowo mengatakan, keberhasilan meraih dua penghargaan tersebut tak lain merupakan buah kerja keras Pemprov Kalteng dan jajaran. Karena itu, pihaknya mengapresiasi dan menghargai kinerja luar biasa jajaran Pemprov Kalteng. Sebab dari 34 provinsi se-Indonesia, Kalteng menjadi yang terbaik. Capaian ini juga berkat kerja sama yang baik antara Pemprov Kalteng dengan seluruh pemerintah kabupaten/kota dan perangkat daerah di lingkup Pemprov Kalteng.

“Dengan memberikan kinerja cepat serta kerja op-timal dalam bentuk penyal-uran, laporan pelaksanaan ἀsik, dan lainnya, saya pikir hal ini menjadi salah satu penilaian sehingga Kalteng menjadi terbaik,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan wagub, Kementerian Keuangan RI dalam hal ini Kanwil DJPb Kalteng dan KPPN beserta jajaran, selalu mendorong percepatan penyaluran DAK ἀsik, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat, guna membangkitkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kalteng, terutama pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Kami mendukung Kanwil DJPb Kalteng agar dapat menjalankan peran baru dalam penguatan fungsi untuk lebih kontributif bagi perekonomian daerah melalui pelaksanaan fungsi sebagai regional chief economist (RCE), sebagai posisi yang memiliki tanggung jawab utama guna pengembangan dan koordinasi, dengan ruang lingkup perencanaan, pengawasan, dan penyebaran informasi, dan koordinasi penelitian ekonomi,” ucap wagub.

Atas nama Pemprov Kalteng, Wagub Edy Pratowo menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas koordinasi dan sinergi antara Kanwil DJPb Kalteng dengan Pemprov Kalteng yang selama ini sudah terjalin baik.Kegiatan ini sekaligus penandatanganan nota kesepakatan antara Kepala Kanwil DJPb Kalteng dengan Sekda Kalteng untuk pemanfaatan bersama data dan informasi, serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksa-naan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan antara pemerintah pusat dan daerah. (abw/ce/ala)

Exit mobile version