Site icon KaltengPos

Perluas Cakupan Vaksin, Agustiar Sabran Jemput Bola Bantu Pemerintah

VAKSINASI: Dari kanan, Ketua Harian DAD Kalteng Andrie Elia, Ketua PWNU HM Wahyudie F Dirun, dan Anggota DPRD Kota Sigit Wido pada acara vaksinasi massal dirumah aspirasi di Jalan Antang, Kota Palangka Raya, Kamis (8/7).

Sebagai wakil rakyat Kalteng di Senayan, Anggota DPR RI H Agustiar Sabran selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Selain menyerap aspirasi, ia juga membantu langsung masyarakat Bumi Tambun Bungai. Terlebih selama wabah pandemi Covid-19 melanda.

EMANUEL LIU, Palangka Raya

KEPEDULIAN sosial yang tinggi terhadap sesama merupakan ciri khas sosok H Agustiar Sabran. Setelah diamanahi tugas sebagai wakil rakyat, ia benar-benar berbuat dan peduli terhadap nasib masyarakat 14 kabupaten/kota di Kalteng.

Selama pandemi Covid-19, H Agustiar Sabran sudah menyumbangkan gajinya untuk membantu masyarakat melalui pembagian sembako. Selain itu, politikus PDIP ini mengganggas berbagai event seperti lomba catur dan Gebyar Ramadan. Beberapa kali ia juga membagikan hadiah kepada pengikutnya di media sosial. Teranyar yakni memfasilitasi vaksinasi massal di rumah aspirasi, Jalan Antang, Palangka Raya, Kamis (8/7).

Mengenai vaksinasi massal tersebut, pria yang juga menjabat Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng ini menyebut, kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian dalam rangka membantu pemerintah menangani Covid-19 dengan mempercepat pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Kami lakukan jemput bola kepada masyarakat yang belum vaksinasi. Karena saat ini memang banyak permintaan vaksinasi, banyak yang belum divaksin,” terang Agustiar Sabran.

Selain melakukan vaksinasi sebanyak 400 dosis tahap I kemarin, politikus PDIP tersebut juga mengagendakan pelaksanaan vaksinasi di beberapa kabupaten seperti Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Kapuas, Barito Utara, dan beberapa daerah lainnya.

“Upaya kami ini tidak untuk gagah-gagahan, tapi murni kepedulian serta perhatian kami bersinergi dengan pemerintah dan pihak terkait agar sama-sama memutus mata rantai virus corona,” tegasnya.

Semoga upaya yang dilakukan itu dapat mengakomodasi keinginan masyarakat yang belum divaksin. Kepada masyarakat juga diharapkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi massal ini. Semoga dapat membantu pemerintah dalam upaya penanganan covid-19 di Bumi Tambun Bungai,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Anggota DPRD Kota Palangka Raya Sigit Widodo mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi massal ini diselenggarakan oleh H Agustiar Sabran dengan sasaran masyarakat dan mahasiswa.

“Jadi totalnya ada 400 dosis. Awalnya hanya 300, tapi karena tingginya antusiasme masyarakat, sehingga disetujui untuk penambahan. Kami berterima kasih kepada Dinkes Provinsi, Dinkes Kota Palangka Raya, serta vaksinator dari Puskesmas Kereng Bangkirai dan Puskesmas Marina Permai,” ucapnya.

Untuk masyarakat umum, diprioritaskan lansia dan pralansia. Sementara para mahasiswa adalah perwakilan dari 10 universitas di Kota Cantik yang dibagi secara proporsional sesuai kuota yang ada.

Proses vaksinasi berjalan lancar. Bahkan melebihi target. Namun hal itu dapat diatasi, sehingga memenuhi kebutuhan yang ada. Semua itu berkat komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah provinsi dan kota.

“Ini murni kepedulian seorang H Agustiar sebagai wakil rakyat di Senayan sekaligus tokoh adat Kalteng. Beliau juga mengajak semua kita untuk ikut berperan melawan Covid serta tidak takut divaksin, karena vaksinasi sangat aman dan halal untuk meningkatkan kekebalan tubuh,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, Ketua Harian DAD Provinsi Kalteng Dr Andrie Elia Embang mengatakan bahwa vaksinasi yang dilaksanakan di rumah aspirasi merupakan bentuk kepedulian H Agustiar Sabran selaku anggota DPR RI dan ketua DAD. “Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat, terutama upaya penanganan Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini,” terangnya.

Hal terpenting dan menjadi perhatian bersama adalah tetap menerapkan protokol kesehatan kendati sudah mengikuti vaksinasi.

“Ini adalah vaksinasi I dan mendapat dukungan dari masyarakat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan lainnya. Semoga ini tidak akan membatasi perbedaan suku dan agama untuk melawan corona dalam bingkai NKRI dan Huma Betang,” harapnya lagi.

Di tempat yang sama, Ketua PWNU Kalteng H Wahyudie F Dirun mengatakan, vaksinasi merupakan bagian dari upaya menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain. Dan dalam Islam, itu sangat dianjurkan.

Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti vaksin. Apalagi dalam fatwa MUI sudah jelas bahwa vaksin ini halal. Karena itu menjadi tugas bersama untuk mendorong masyarakat mengikuti vaksin.

“Untuk mengakiri Covid-19 tidak serta merta semudah membalikkan telapak tangan, disiplin menerapkan prokes wajib dan harus dijalankan secara ketat, apalagi saat ini Palangka Raya, Lamandau, Sukamara dalam situasi yang kurang baik, kian meningkat jumlah kasus,” ujarnya.

Dengan penerapan SE gubernur diharapkan penanganan akan berjalan maksimal. Didukung dengan perhatian bersama menjalankan prokes secara ketat guna memutus mata rantai penyebaran virus di Bumi Tambun Bungai.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri Provinsi Kalteng Rahmat Nasution Hamka juga mengajak masyarakat untuk ikut menyukseskan vaksinasi yang sudah digaungkan pemerintah. “Kami berharap masyarakat Kalteng ikut vaksinasi, dengan mengantongi kartu dan sertifikat vaksinasi akan memudahkan setiap urusan ke depan,” tegasnya. (nue/ce/ala)

Exit mobile version