Site icon KaltengPos

DPW BKPRMI Kalteng Menggelar Musabaqah Tahfiz Quran

PEMBUKAAN : Ketua Umum DPP BKPRMI H Said Aldi Al Idrus menyerahkan Alquran kepada Ketua Umum DPW BKPRMI Kalteng H Rus’ansyah sebagai tanda dimulainya program pemuda mengaji bersama Kemenpora RI, disaksikan oleh Kepala Stasiun TVRI Kalteng Bambang Siswanto pada Acara pembukaan Mushabaqah Tahfidz Qur’an di Stasiun TVRI Kalteng.

PALANGKA RAYA – Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPW-BKPRMI) Provinsi Kalteng bekerjasama dengan Stasiun TVRI Kalteng melaksanakan Musabaqah Tahfiz Quran untuk usia santri dan pelajar SD/MI se Kalimantan Tengah.

Kegiatan yang digelar sejak tanggal 11 April 2021 ini menyeleksi 76 peserta untuk diambil 20 peserta. Mereka yang lolos ini akan jadi peserta tetap yang akan tampil dan tayang setiap hari selama bulan ramadhan di Stasiun TVRI Kalteng.

Acara pembukaan Mushabaqah Tahfidz Qur’an pada Kamis (15/4) dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP BKPRMI H Said Aldi Al Idrus dan Kepala Stasiun TVRI Kalteng Bambang Siswanto, Sekjen DPP BKPRMI, Ketua Dua dan Ketua Umum DPW BKPRMI Kalteng H. Rus’ansyah,

“Mushabaqah Tahfidz Quran ini bukanlah sekedar lomba untuk mencari hafid hafidzah terbaik, akan tetapi adalah suatu upaya konkret Umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung didalam Alquran supaya dijadikan sebagai pedoman hidup,” ujar Rus’an.

Musabaqah ini kata Rus’an jadi salah satu upaya untuk mendalami arti, makna, kandungan dan keindahan Al Qur’an sekaligus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Suhana Wa Ta’ala.

Kegiatan ini akan jadi agenda rutin menjadi agenda rutin BKPRMI dan TVRI setiap tahun. Tujuannya  agar umat Islam lebih tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran Alquran di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini dan mendukung terwujudnya kehidupan masyarakat yang semakin Berkah dan agamis tuturnya.

Lebih lanjut, Rus’an mengatakan, bahwa diselenggarakannya Lomba Tahfidz ini diharapkan dapat menjadi pintu gerbang bagi umat Islam untuk terus menggali, memahami, dan mengaplikasikan isi kandungan al qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga terlahir pribadi-pribadi yang memiliki kemampuan intelektualitas yang tinggi tetapi rendah hati

 ”Tujuan lain dari Mushabaqah Tahfidz adalah sebagai wahana silaturahim dan sebagai pendorong semangat dan minat baca masyarakat terhadap Alqur’an, sehinga kedepan semua umat Islam, khususnya di kota cantik Palangka Raya Kalteng tidak ada lagi yang buta huruf al qur’an, bahkan bisa memahami isi kandungan al qur’an secara mendalam, sehingga setiap individu mampu membangun kesalehan diri dan kesalehan sosial,” imbuhnya.

Ketua Umum DPP BKPRMI H. Said Aldi Al Idrus didampingi Sekjen H. Ahmad Rizqon setelah meresmikan Kantor Sekretariat DPW BKPRMI Kalteng dan Depot Iqro LPPTKA berfoto besama dengan Ketua Umum DPW BKPRMI H. Rus’ansyah beserta pengurus DPW BKPRMI Kalteng. di sekretariat Jalan G. Obos IX Komp. Islamic Centre Palangka Raya

Pada hari yang sama Ketum DPP BKPRMI H. Said Aldi Al Idrus juga berkesempatan meresmikan Kantor Sekretariat DPW BKPMRI Kalteng dan Depot Iqro LPPTKA di Jalan G. Obos IX Kompleks Islamic Centre Sebaga Pusat Kegiatan Pemuda Masjid dan Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an, serta direncanakan sebagai pusat koperasi DPW BKPRMI Kalteng.

Dalam sambutannya Rus’ansyah mengatakan bahwa BKPRMI sejak berdirinya hingga sekarang memang mempunyai program yang nyata dan menyentuh langsung pada kepentingan masyarakat. Ormas ini juga punya peran strategis dalam pembinaan moralitas (akhlak) dan pengembangan skill generasi muda Islam, senantiasa bertekad dan berupaya memberantas buta huruf Al-Qur’an melalui gerakan Taman Kanak-kanak Alqur’an. Sehingga berbagai program yang dilakukan jajaran pengurus DPW BKPRMI ini sangat terasa sekali dampak positifnya bagi masyarakat Kalteng. (sma)

Exit mobile version