Site icon KaltengPos

Wujudkan Ekonomi Cerdas

POTONG TUMPENG: Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin memotong tumpeng pada acara peringatan hari jadi ke-56 Pemerintah Kota Palangka Raya dan ke-64 Kota Palangka Raya di Aula Rujab Wali Kota Palangka Raya, Sabtu (17/7). (FOTO: PROKOM UNTUK KALTENG POS)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya memperingati hari jadi ke-56 Pemerintah Kota Palangka Raya dan hari jadi ke-64 Kota Palangka Raya di Aula Rujab Wali Kota Palangka Raya, Sabtu (17/7).
Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menyampaikan, tahun 2021 ini adalah merupakan tahun ketiga kepemimpinannya bersama Ibu Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah. Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018 – 2023, maka tahun ini arah pembangunan pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menggerakkan ekonomi daerah.
“Arah pembangunan tahun ini adalah searah dengan Visi Misi Wali Kota Palangka Raya Smart City yaitu pada poin ketiga mewujudkan Smart Economy atau ekonomi cerdas,” ucapnya kepada Kaltenf Pos, Minggu (18/7).
Lanjutnya, adapun upaya Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya dalam meningkatkan SDM adalah melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya yang mengadakan pelatihan keterampilan secara berkala. Upaya pihaknya dalam mewujudkan Smart Economy adalah menyediakan lapak online bagi pelaku usaha di Kota Palangka Raya melalui Mbizmarket. Dimana untuk pendaftarannya bisa dilakukan pada bidan PBJ Kota Palangka Raya.
Selain itu, untuk mendukung adanya digitalisasi perekonomian, khususnya pada sektor pembayaran dan tagihan secara online. Beberapa waktu lalu Pemko Palangka Raya mengadakan seminar kajian awal QRIS kepada pelaku usaha.
“QRIS atau Quick Response Code Indonesia Standard ini adalah alternatif pembayaran dengan menggunakan sistem barcode, dimana di tengah pandemi ini bisa membantu mengurangi kontak masyarakat, karena membayar menggunakan metode cash less melalui QRIS,” terangnya. (ahm/ans)

Exit mobile version