Site icon KaltengPos

Jalan dan Irigasi Perlu Ditingkatkan

PALANGKA RAYA-DPRD Kalteng mendorong pemerintah provinsi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk merealisasikan peningkatan sarana dan prasarana, seperti saluran irigasi serta jalan menuju wilayah food estate. Pasalnya hal tersebut penting untuk menunjang akses ke wilayah food estate.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kalteng, Tommy Irawan Diran, mengatakan, infrastruktur jalan merupakan aspek penting dalam menunjang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Seperti halnya peningkatan akses jalan pada lokasi Food Estate.

“Peningkatan jalan Food Estate, diyakini akan memberikan dampak positif tidak hanya dalam memperlancar pengangkutan hasil pertanian, jalan tersebut juga akan bermanfaat bagi perputaran perekonomian masyarakat yang bermukim pada kawasan Food Estate tersebut,” ucap Tommy, Rabu (17/2).

Politikus asal Partai Amanat Nasional (PAN) Kalteng ini menambahkan, saat Komisi IV melakukan peninjauan ke lokasi food estate, pihaknya menilai ruas jalan tersebut sudah cukup nyaman untuk dilewati. Hanya saja perlu dilakukan sedikit peningkatan, seperti pengaspalan dan pengerasan jalan.

“Hanya saja perlu sedikit ditingkatkan untuk pengaspalan dan pengerasan jalan. Tapi, jika digunakan untuk mengangkut hasil pertanian, saya rasa jalan tersebut sudah bisa digunakan dengan baik,” terang legislator membidangi pembangunan dan infrastruktur tersebut.

Di sisi lain, sambung wakil rakyat asal Dapil V Kalteng meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini juga menilai, saluran irigasi di kawasan Food estate perlu dilakukan peningkatan. Pasalnya, saluran irigasi juga memiliki pengaruh penting terhadap hasil pertanian.

“Saat melaksanakan kunjungan, kami menerima beberapa usulan dari masyarakat terutama dari para petani Food Estate, meminta pemerintah bisa meningkatkan saluran irigasi untuk pengairan. Memang, saat kami melihat faktanya, saluran irigasi pada kawasan Food estate tersebut perlu dilakukan peningkatan, sehingga bisa mencapai hasil panen yang maksimal,”pungkasnya. (pra/uni/pk)

Exit mobile version