Site icon KaltengPos

Target Vaksinasi Harus Tercapai

Bupati Barito Utara H Nadalsyah melakukan peninjauan pelaksanaan pelayanan vaksiniasi di Puskesmas Lahei I, Kecamatan Lahei II dan Desa Lemo, Kecamatan Teweh Tengah, Jumat (24/12).

MUARA TEWEH-Bupati Barito Utara, H Nadalsyah didampingi Sekda Muhlis dan unsur forkopimda FKPD meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Lahei I, Jumat (24/12). Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan, Kadis SosPMD, unsur Tripika Kecamatan Lahei, Lurah Lahei, Kades Muara Inu, Kades Karendan, Kades Ipu, dan undangan lainnya.

Capaian vaksinasi untuk Puskesmas Lahei I dinilai kurang dibandingkan dengan puskesmas lainnya di Kabupaten Barito Utara.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, H. Siswandoyo bahwa belum tercapainya target vaksinasi dikarenakan terkendala dalam mobilisasi masyarakat, terutama para sasaran vaksinasi. Mengingat luasnya wilayah kerja dan transportasi ke desa-desa terutama saat musim penghujan. Ada beberapa dusun/RT dalam beberapa desa yang transportasinya terkendala, di samping masyarakat yang masih enggan untuk di vaksin.

Bupati H Nadalsyah meminta jajaran Puskesmas Lahei I agar dapat menyosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat. Untuk desa yang mudah transportasinya agar dapat dimaksimalkan. “Sedangkan untuk yang agak susah nanti akan kita kejar pada tahun depan,” jelas H. Nadalsyah.

Bupati meminta kepada Kadis Kesehatan agar target vaksinasi untuk Kabupaten Barito Utara yang ditetapkan sebesar 70 persen agar dapat tercapai. “Sebab masih tinggal 6 hari lagi, saat ini telah tercapai 64,37 persen tinggal 5,63 lagi lagi,” kata H. Nadalsyah.

Bupati dua periode ini meminta kepada masyarakat Barito Utara khususnya warga Lahei I agar tidak termakan isu-isu atau informasi hoaks terkait vaksinasi. “Bila ada sakit sedikit/kram itu wajar saja, kalau lumpuh itu hanya isu,” jelas Nadalsyah.

Diharapkan agar masyarakat yang belum vaksin agar segera mendaftarkan diri untuk divaksin. “Beritahu keluarga, tetangga dan teman-teman, divaksin itu tidak sakit. Segera divaksin bagi yang belum, untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap Covid-19. Terutama saat ini, varian Omicron telah masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Terakhir, Bupati mengharapkan kepada seluruh pihak terkait, baik dari Pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat agar dapat mensukseskan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Barito Utara. “Mari bersama kita sukseskan pelaksanaan vaksinasi, agar tubuh dapat memperoleh kekebalan terhadap Covid-19,” tegas Nadalsyah.

Setelah meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Lahei I, Bupati Barito Utara H Nadalsyah kembali meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Desa Lemo, Kecamatan Teweh Tengah. (her/ko)

Exit mobile version