Site icon KaltengPos

Giliran Lansia Disuntik Vaksin Covid-19

Sejumlah perwakilan lansia mulai disuntik vaksin, tanda dimulai program vaksinasi bagi kaum lansia di Kabupaten Sukamara.

SUKAMARA-Pemerintah kabupaten Sukamara terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat. Kali ini giliran kelompok lanjut usia (lansia) di Kabupaten Sukamara yang diberi suntikan vaksin Covid-19.

Pemberian vaksin terhadap lansia ini ditandai dengan pencanangan vaksin bagi oleh Bupati Sukamara H Windu Subagio. Bupati menjelaskan, sejauh ini pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sukamara terus digencarkan dan  saat ini sudah masuk pada tahap ketiga.

Adapun kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 tahap pertama dengan prioritas tenaga kesehatan, semuanya sudah selesai dosis satu dan dosis dua.

Selanjutnya, kelompok prioritas tahap kedua meliputi petugas pelayanan publik esensial sebagai garda terdepan diantaranya adalah petugas dari TNI, Polri, yang juga telah selesai dilaksanakan vaksinasi dosis satu  dan dua.

“Pada bulan penuh berkah di bulan suci Ramadan ini, kita memulai vaksinasi bagi kelompok lansia,” ujar Windu Subagio saat pencanangan pemberian vaksin bagi lansia di kawasan Puskesmas Sukamara belum lama tadi.

Ia menambahkan, pada launching kali ini, vaksin diberikan kepada tokoh agama dan masyarakat. selanjutnya diberikan secara bertahap kepada lansia di Kabupaten Sukamara dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bupati berharap, melalui launching pemberian vaksin ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat ataupun lansia calon penerima vaksin berikutnya.  Dia juga mengajak masyarakat agar bisa turut menyebarkan informasi terkait vaksin tersebut.

“Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya vaksin bagi masyarakat, serta menumbuhkan kesadaran kepada lansia ikut vaksinasi di tempat pelayanan kesehatan yang disediakan,” jelasnya.

Bupati menambahkan, selain itu masyarakat juga perlu diberikan pemahaman, bahwa dengan adanya program vaksinasi ini bukan berarti menghilangkan kewajiban untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Karena selain tetap harus menjaga diri juga masih dibutuhkan waktu bersama-sama bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Sukamara untuk kita bisa mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity,” tandasnya. (lan/art/ko)

Exit mobile version