Site icon KaltengPos

Ribuan Anak Sudah Divaksin

AYO IKUT VAKSIN: Seorang anak saat disuntik vaksin oleh vaksinator di Halaman Mapolda Kalteng, kemarin (28/12). INZET: Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto serta Forkopimda memantau pelaksanakan vaksinasi. FOTO: AGUS PRAMONO/KALTENG POS

PALANGKA RAYA-Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kalteng terus digencarkan, tercatat hingga Selasa (28/12) pukul 16.00 WIB sudah 10.691 anak yang disuntik vaksin dosis pertama. Angka ini ke depan diperkirakan terus meningkat seiiring dengan bertambahnya pemerintah daerah yang diizinkan melaksanakan vaksinasi khusus untuk anak-anak.
Sekarang ini, ada lima daerah yang sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi anak. Meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Sukamara, Lamandau dan Pulang Pisau (Pulpis) dan Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng dr Suyuti Syamsul menyebut, tidak ada target pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Namun, berdasarkan data per Selasa (28/12) capaian vaksinasi anak 6-11 tahun berada di angka 10.691 anak. “Capaian vaksinasi anak se-Kalteng bagi daerah yang sudah bisa melaksanakan vaksinasi anak sudah sebanyak 10.691 anak,” kata Suyuti.

Suyuti menambahkan, awal pelaksanaan vaksinasi anak yang diizinkan melaksanakan vaksinasi usia 6-11 tahun oleh Pemerintah Pusat yakni hanya Kota Palangka Raya, Kobar dan Sukamara saja. Namun, dengan capaian vaksinasi kabupaten yang terus meningkat, maka apabila sudah memenuhi syarat bisa melaksanakan vaksinasi anak.

“Awalnya memang hanya ada tiga kabupaten/kota saja yang bisa melaksanakan vaksinasi anak, kemudian disusul Kabupaten Lamandau dan Pulpis juga sudah bisa melaksanakan vaksinasi anak,”sebutnya.

Sesuai dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat, syarat daerah yang diizinkan untuk vaksinasi anak 6-11 tahun di antaranya, sudah mencapai 70 persen capaian vaksinasi dan sudah mencapai 60 persen capaian vaksinasi lanjut usia (lansia). Menggunakan data yang merujuk pada aplikasi KPC PEN, bukan data manual. “Memang vaksinasi anak ini sifatnya hanya bonus, kewajiban utama adalah vaksinasi pada kelompok sebelumnya, jadi bagi yang belum memenuhi syarat tidak diizinkan melaksanakan vaksinasi,” ucapnya.

Sementara itu, Polda Kalteng menggelar vaksinasi untuk anak. Kurang lebih 1.000 dosis vaksin jenis sinovac yang disuntikan kepada anak-anak yang memenuhi Mapolda Kalteng. Pada kegiatan ini dimotoring langsung oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, Asintel Kejati Kalteng Komaidi dan jajaran forkopimda. Jajaran pejabat forkopimda ini mendatangi satu persatu tenda tempat pelayanan penyuntikan vaksin kepada anak-anak usia 6-11 tahun dan berbincang dengan orang tua peserta vaksinasi.

Sugianto menyambut baik pelaksanaan vaksinasi anak yang digelar oleh jajaran Polda Kalteng ini. Menurut gubernur, vaksinasi untuk anak ini harus terus dilaksanakan demi mempercepat munculnya kekuatan kekebalan komunal demi menghadapi dan mengatasi pendemi Covid-19 di Kalteng. Selain itu kata gubernur, dengan menerima vaksinasi maka anak anak terlindungi, karena memiliki kekebalan tubuh yang melindungi diri mereka dari wabah Covid-19.

“Supaya mereka punya imun atau kekebalan sendiri, sehingga andai nanti ada covid yang menyebar termasuk varian Covid-19 yang terbaru seperti varian omicron yang sudah masuk ke Indonesia,” katanya.

Gubernur berpesan agar masyarakat di provinsi Kalteng ikut dalam program vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah. Gubernur juga tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat dalam kegiatan sehari hari untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Pemprov selalu mendorong, agar kabupaten kota di seluruh Kalteng tidak jenuh jenuh melakukan segala upaya terkait pengendalian Covid-19 termasuk di antaranya edukasi terkait bahaya wabah Covid-19 kepada masyarakat.

“Saya sendiri sejak awal mendorong agar kepada kabupaten/kota agar dalam pelaksanaan vaksinasi bisa terus dilakukan secara maksimal dan merata,”tegas gubernur yang mengaku sangat gembira dengan adanya dukungan dari pihak Polda Kalteng yang ikut gencar melakukan sosialisasi dan kegiatan vaksinasi kepada masyarakat Kalteng.
“Syukur alhamdulillah, Pak Kapolda telah melaksanakan kegiatan vaksinasi seperti ini, ini sungguh luar biasa,” ucapnya.

Suami dari Yulistra Ivo ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para orang tua yang hadir pada acara vaksinasi anak ini, untuk mensosialisasikan seraya herpesan agar para orang tua ini ikut mensosialisasikan kegiatan vaksinasi anak ini kepada warga masyarakat lain.

“Semoga (dengan divaksin, red) membuat kita semua semakin sehat dan tangguh, terlindungi dari Covid-19,” ujarnya.

Vaksinasi anak yang digelar oleh Polda Kalteng ini sendiri berlangsung dengan meriah dan mendapatkan sambutan dari anak anak dan orang tua yang hadir dalam acara tersebut. Terlebih dalam kegiatan vaksinasi ini terdapat juga acara undian doorprize berupa sepeda dan tas kepada anak anak yang ikut kegiatan vaksinasi.
Selain itu acara ini juga dirangkai dengan aneka permainan anak dan kegiatan lomba menggambar yang di gelar oleh pihak Polda Kalteng.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabidhumas Kombes Pol K Eko Saputro menyebut, kegiatan vaksinasi bagi anak-anak ini, selain dilaksanakan di Polda Kalteng juga digelar di empat polres yaitu, Polres Sukamara, Pulpis, Kobar dan Lamandau. “Polda Kalteng akan berupaya terus mendukung pemerintah dalam percepatan kegiatan vaksinasi Covid-19,” ucap Kabidhumas. (abw/sja/ala)

Exit mobile version