Site icon KaltengPos

Polda-DAD Bersinergi Menjaga Kamtibmas

PERKUAT KERJA SAMA: Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto menyerahkan cendera mata kepada Ketua Umum DAD Kalteng H Agustiar Sabran di Betang Hapakat, Senin (29/11). FOTO: HUMAS POLDA KALTENG

PALANGKA RAYA-Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kapolda Kalteng) Irjen Pol Nanang Avianto terus mempererat tali silaturahmi dan perkenalan dengan forkopimda, organisasi agama, organisasi masyarakat (ormas), dan stakeholder yang ada di Kalteng. Kemarin (29/11), orang nomor satu di Korps Bhayangkara Polda Kalteng ini bersilaturahmi dengan Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kateng H Agustiar Sabran dan tokoh Dayak serta ormas di Betang Hapakat, Jalan RTA Milono, Palangka Raya.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Nanang didampingi Karoops Kombes Pol Andreas Wayan Wicaksono, Dirintelkam Kombes Pol Dedi Wiratmo, dan Kabidhumas Kombes Pol K Eko Saputro. Kedatangan mereka disambut langsung Ketua Umum DAD Kalteng Agustiar Sabran. Turut hadir saat itu tokoh Dayak Kalteng Lewis KDR, Mutiara Usop, Nahson Taway, Napah J Awat, pengurus DAD Kalteng, serta ketua-ketua ormas yang tentunya mendukung persatuan dan kesatuan dalam falsafah Huma Betang dan Belum Bahadat.

Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabidhumas Kombes Pol Eko Saputro menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara Polda Kalteng dan DAD Kalteng. Apalagi Kapolda Nanang merupakan pejabat baru di Bumi Tambun Bungai.

“Semoga dengan silaturahmi ini dapat tercipta hubungan yang baik, sehingga dalam pelaksanaan tugas ke depan antara Polda dengan DAD dapat saling bersinergi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Eko menyampaikan bahwa menjelang Natal dan tahun baru, Polda Kalteng akan melaksanakan tindakan preventif, guna mencegah lonjakan angka penyebaran Covid-19 di Kalteng, serta berharap peran serta dari DAD dalam mengedukasi masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan tak perlu beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak.

Sementara itu, Ketua Umum DAD Kalteng H Agustiar Sabran mengatakan, DAD siap bersinergi dengan Polda Kalteng untuk bersama-sama menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Bumi Tambun Bungai.
“Silaturahmi seperti ini merupakan salah satu upaya dalam pemeliharaan kamtibmas. Semoga dengan duduk bersama dan bersilaturahmi, maka permasalahan apapun akan segera mendapatkan titik temu dan solusi,” kata H Agustiar Sabran kepada Kalteng Pos, Senin (29/11).

Menurutnya, baik pihak keamanan, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan lainnya memiliki peran penting dalam penyelesaian setiap permasalahan yang terjadi di wilayah ini.

“Karena setiap unsur tidak bisa bekerja maksimal apabila tidak bersinergi dengan yang lain. Walau Bapak Kapolda baru bertugas di Kalteng, tapi siap untuk bersama-sama menjunjung tinggi falsafah Huma Betang dan Belum Bahadat,” tuturnya.

Sebagai tokoh adat Kalteng, pria yang juga menjabat Anggota Komisi III DPR RI tersebut menjelaskan bahwa sinergi antara Polda Kalteng dengan ormas dan tokoh adat tentu dapat berjalan dengan baik ke depan jika ada sikap saling percaya dan mendukung satu sama lain.

“Terkait penerimaan anggota Polri, TNI, dan lainnya, kami minta agar ada prioritas untuk anak muda Dayak. Apresiasi juga disampaikan Ketua Umum DAD karena keterlibatan pemuda Dayak di SPN sudah mencapai 75 persen. Ke depannya, untuk Akpol dan lainnya juga perlu terus didorong,” tambah Sekretaris DAD Provinsi Kalteng Yulindra Dedy.

Kedua belah pihak diharapkan selalu bersinergi dan berkoordinasi sehingga bisa sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kalteng. (nue/ce/ala)

Exit mobile version