Site icon KaltengPos

BPBD Cek Debit Air di Kelurahan Palangka

PENGECEKAN: Anggota BPBD Kota Palangka Raya melakukan pengecekan debit air di Jalan Pelatuk VII, Selasa (31/8). (FOTO: BPBD UNTUK KALTENG POS)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Badan Pengelolaan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya melakukan kegiatan pengecekan ketinggian debit air di sekitar Kelurahan Palangka.

Pertama pihaknya melakukan pengecekan ketinggian debit air di daerah Jalan Mendawai dan kedua di Jalan Pelatuk VII. Berdasarkan hasil pemantauan dari lokasi yang sama – sama berada di daerah Kelurahan Palangka ini.

Di daerah Jalan mendawai memang mengalami kenaikan debit air sedikit, namun situasinya masih bisa dikatakan aman terkendali, sedangkan di Jalan Pelatuk VII juga mengalami kenaikan debit air namun masih dalam keadaan aman.

“Pengecekan debit air di Kota Palangka Raya rutin dilakukan oleh kami, agar mengetahui seberapa tinggi air di beberapa daerah Kota Palangka Raya terlebih di daerah yang biasa banjir,” ucap Emi Selasa (31/8).

Lebih lanjut Emi menjelaskan, awal pengecekan debit air dilakukan di Kelurahan Palangka pada hari ini (kemarin, red) kemudian selanjutnya akan dilakukan pengecekan debit air di kelurahan – kelurahan lain yang juga rawan terjadinya banjir musiman. Di antaranya melakukan pengecekan debit air di Kelurahan Petuk Ketimpun, di Dermaga Tangkilinguntuk mengetahui seberapa tinggi debit air sungai di daerah masing – masing.

Selain itu, kegiatan pengecekan kenaikan debit air secara rutin ini adalah bentuk kesiap siagaan dari BPBD Kota Palangka Raya untuk mengahadapi dan menangani situasi apabila terjadi banjir di Kota Cantik

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang daerah debit airnya mengalami kenaikan harap berhati – hati dalam beraktivitas dan berhati – hati dalam mengawasi anak – anaknya selama bermain,” Tegas Emi. (ahm/ans)

Exit mobile version