Site icon KaltengPos

Petani Diminta Aktif Konsultasi Penanganan Hama

KUNJUNGAN: Bupati Seruyan Yulhaidir saat menghadiri kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Seruyan Hilir Timur, belum lama ini. (FOTO: HUMAS UNTUK KALTENG POS)

KUALA PEMBUANG- Sebagai upaya meningkatkan hasil panen, para petani di Seruyan diminta untuk lebih aktif dalam mengonsultasikan permasalahan tanaman seperti hama dan lain sebagainya kepada instansi teknis yakni Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Seruyan Yulhaidir saat membuka kegiatan Sosialisasi Penanganan Hama Padi dan Sawit yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Seruyan, beberapa waktu lalu.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan positif ini, melalui kesempatan ini saya menekankan, agar para petani yang belum begitu paham atau mengerti tentang penanggulangan hama agar selalu menghubungi dan berkoordinasi kepada para teknis lapangan dalam hal ini DKPP Seruyan,”katanya.

Menurutnya, untuk meningkatkan hasil panen sangat perlu melibatkan para teknis lapangan atau penyuluh lapangan dari DKPP, dengan demikian para petani akan mengetahui cara tepat untuk mengurangi hama terhadap tanaman padi terutama padi sawah.

“Sektor pertanian merupakan suatu harapan kita semua, karena majunya suatu daerah tak lepas dari kesejahteraan para petani,”ujar orang nomor satu di Seruyan itu. Di sela-sela kegiatan tersebut, Yulhaidir juga berpesan kepada DKPP Seruyan agar selalu memberikan penyuluhan kelapangan, guna lebih mengetahui apa yang menjadi keluhan petani saat ini, sehingga nantinya dapat dibantu. Di samping itu dirinya juga meminta DKPP harus lebih inovatif serta menciptakan terobosan-terobosan baru dalam mengembangkan sektor pertanian di Seruyan, termasuk dalam hal pemasaran dan lain sebagainya. Ini suatu harapannya untuk mewujudkan daerah Seruyan sebagai sumber pangan untuk wilayah sekitarnya.(yad/ram)

Exit mobile version