Site icon KaltengPos

Bisa Mengurangi Penggunaan Plastik

MENGHADIRI : Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri ST (baju batik biru) saat menghadiri peresmian nama jalan di Desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan, beberapa waktu lalu. (FOTO: KOMINFO UNTUK KALTENG POS)

MENGHADIRI : Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri ST (baju batik biru) saat menghadiri peresmian nama jalan di Desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan, beberapa waktu lalu. (FOTO: KOMINFO UNTUK KALTENG POS)

Bupati Ajak Masyarakat Barsel Manfaatkan Bank Sampah

BUNTOK – Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri ST mengajak seluruh masyarakat di daerah berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus itu supaya memanfaatkan bank sampah yang sudah dibangun sebelumnya. Jangan sampai keberadaan bank sampah tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal sudah dibangun dengan biaya yang tidak sedikit.
“Kita saat ini sudah memiliki bank sampah, dan kita mengharapkan kepada masyarakat agar memanfaatkannya dengan baik. Sehingga nantinya tidak ada lagi terlihat sampah plastik berada di selokan, dan sejumlah jalan,” kata Eddy Raya, Selasa (3/8).
Menurut bupati, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan akan mengadakan unit pengelolaan daur ulang sampah plastik, sehingga ke depannya Barsel akan bersih dari sampah plastik.
Orang nomor satu di jajaran Pemkab Barsel itu kembali mengimbau kepada masyarakat di wilayah setempat, agar tidak membuang sampah plastik sembarangan. Karena bisa mencemari lingkungan, dan merusak pemandangan.
“Apabila sampah plastik dibuang secara sembarangan, maka akan bisa menyumbat selokan, dan bisa merusak ekosistem tanah serta perairan yang ada di daerah ini,” tegasnya.
Di samping itu juga, tambah dia, sampah plastik itu sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. “Karena sampah plastik tersebut mengandung zat beracun yang dapat mengganggu pertumbuhan, cacat lahir, dan kesuburan serta bisa memicu terjadinya kanker, dan penyakit lainnya bagi manusia,” ucapnya.
Untuk itu, bupati mengharapkan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Barsel, khususnya di Kota Buntok supaya mengurangi penggunaan plastik. (ner/ens)

Exit mobile version