Site icon KaltengPos

Pj Bupati Minta Perusahaan Bisa Bekerja Sama

Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana melihat langsung hasil kerajinan lokal yang ditampilkan pada Festival Anyaman Bakul di Kecamatan Jenamas, Selasa (10/1/2023). (BENI/KALTENG POS)

BUNTOK-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) bersama PT Adaro Indonesia menggelar Festival Anyaman Bakul bertajuk “Budaya Anyaman Kuat, UMKM Unggul”. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas, Selasa (10/1/2023).

Festival ini berlangsung meriah karena diisi dengan rangkaian ke­giatan lainnya, seperti nyanyi­an serta tarian adat dan juga stand bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dipersembahkan SMA/SMK se-Kecamatan Jenamas.

Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana mengapresiasi pihak PT Adaro karena melalui bantuan CSR-nya dapat melaksanakan festival anyaman dan meningkatkan UMKM serta memperkuat nilai-nilai budaya yang ada di Barito Selatan.

“Tentu saja kegiatan ini tidak lepas dari pihak-pihak swasta yang ikut bersinergi dengan pemerintah Barito Selatan untuk bersama-sama membangkitkan UMKM yang ada di Barito Selatan,” kata Lisda Arriyana, kemarin.

Pj Bupati Lisda Arriyana berharap, untuk terus meningkatkan UMKM dengan memperbanyak program pelatihan agar produk anyaman yang ada di Barsel dapat bersaing dengan daerah lainnya.

“Kita pernah melakukan studi banding terkait UMKM di daerah lain, yang ternyata mereka mengambil bahan mentahnya dari wilayah kita Kalimantan Tengah. Jadi mereka mem-finishing-nya kerajinan tangannya dengan baik dan terampil. Oleh karena itu, sebenarnya kita mampu untuk mengimbanginya dengan meningkatkan inovasi pada saat pelatihan,” ungkapnya.

Lisda berpesan kepada pihak perusahaan yang ada di Barsel untuk dapat bekerja sama dan saling berkoordinasi dengan masyarakat dan pemerintah setempat dalam meningkatkan UMKM di daerah itu.

“Oleh karena itu saya mengajak perusahaan-perusahaan yang ada di Barito Selatan untuk dapat bersinergi dengan pemerintah melalui programnya yang bersifat kemasyarakatan, khususnya untuk meningkatkan ekonomi kreatif di wilayah Barito Selatan,” ucapnya. (*ben/ens)

Exit mobile version