Site icon KaltengPos

Perpusdes Pangkan Terbaik Nasional

RAIH PRESTASI: Perpusdes Pangkan dari Barito Timur menerima penghargaan dan hadiah atas prestasi tingkat nasional. (DISKOMINFOSANTIK BARTIM)

TAMIANG LAYANG – Perpustakaan Desa (Perpusdes) Pangkan di Kabupaten Barito Timur (Bartim) meraih predikat terbaik tingkat nasional. Hal tersebut disampaikan dalam Peer Learning Meeting (PLM) di Surabaya, Jawa Timur, sejak 4 – 7 Desember 2022.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur Darius Adrian menyampaikan, Perpustakaan Desa Pangkan, Kecamatan Paku, sebagai terbaik nasional karena telah mengimplementasikan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2022, dan berhasil masuk 30 perpustakaan terbaik tingkat nasional dari 736 perpustakaan seluruh Indonesia.

“Pemerintah daerah sangat mengapresiasi prestasi yang diraih Perpusdes Pangkan, karena memang benar melaksanakan kegiatan dengan melibatkan masyarakat,” kata Darius, Kamis (8/12/2022).

Dijelaskannya, Desa Pangkan telah melaksanakan transformasi  perpustakaan berbasis inklusi sosial. Diantaranya kursus komputer, kursus bahasa Inggris,  keterampilan PKK,  serta seni tari khusus anak-anak.

Setiap ada kegiatan di desa maupun luar desa, kelompok tari ini selalu tampil. Program tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat

Menurut Darius, keberhasilan salah satu perpustakaan desa di wilayah Bartim mengukir prestasi di tingkat nasional menjadi motivasi. Pada tahun 2023, program inklusi berbasis sosial akan lebih ditingkatkan lagi.

“Tetapi perpustakaan yang akan mendapat program benar-benar diseleksi dan harus menandatangani komitmen supaya melaksanakan demi mensejahterakan masyarakat,” pungkas Darius. (log/ens)

Exit mobile version