Site icon KaltengPos

Progres Pengaspalan Tumbang Empas Sepang Capai 46 persen

MENINJAU: Pj Bupati Gumas, Herson B Aden bersama DPU dan pihak terkait saat meninjau jalan Tumbang Empas-Sepang Simin, sebelum pengaspalan jalan, belum lama ini.

KUALA KURUN – Insfrastruktur jalan yang ditangani Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) bersama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat sudah sesuai target, yakni sudah mencapai 46 pesen lebih. Pasalnya, pada akhir tahun 2024 ini akan berfungsi dan bisa dilalui masyarakat.

“Akhir tahun ini kita sedang mengejar target, terkait penanganan soal penanganan sejumlah jalan kabupaten. Seperti rekontruksi ruas jalan Desa Tumbang Empas Kecamatan Mihing Raya-Kelurahan Sepang Simin, Kecamatan Sepang dan mencapai 46 persen,” ucap Pj Bupati Gumas Herson B Aden melalui Kepala DPU Baryen, Senin (14/10/2024).

Sedangkan kata dia, rekontruksi mengunakan apal dan panjang yang akan diaspal sepanjang 3,5 kilometer. Lalu selain pengaspalan jalan, dilakukan juga pengadaan dua box culvert pada ruas jalan tersebut. Kemudian masih ada jalan tanah atau jalan yang masih belum diaspal sepanjang 6,3 kilometer.

“Untuk Jalan Tumbang Empas-Sepang Simin diupayakan bisa segera digunakan menjelang libur natal tahun 2024 dan tahun baru. Sehingga jalan ini bisa menjadi jalan alternatif bagi masyarakat dari Kuala Kurun ke Palangka Raya atau sebaliknya,” bebernya.

Sedangkan sambung, Baryen untuk kontruksi Jalan Tumbang Empas-Sepang Simin, dalam penanganannya menggunakan dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tematik dari proyek pusat.

“Kalau dananya melalui DAK tematik dalam pengembangan Food Estate dengan nilai kontraknya senilai Rp. 19 miliar lebih,” pungkas dia. (nya/ans)

Exit mobile version