Site icon KaltengPos

MTQ XVII Gumas Digelar di Kecamatan Rungan

WAWANCARA : Camat Rungan Penyang D Masal saat diwawancarai awak media di lingkungan Kantor Bapperida Gunung Mas, Senin (21/10/2024).

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) akan menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII tahun 2024. Event keagamaan tingkat kabupaten itu akan dilaksanakan di Kelurahan Jekatan Raya, Kecamatan Rungan, Rabu (23/10) sampai Sabtu (26/10/2024).

“Untuk persiapan MTQ kabupaten sudah mencapai 80 persen lebih, dengan Kecamatan Rungan sebagai tuan rumah,” kata Camat Rungan, Penyang D Masal, saat dikomfirmasi awak media, Senin (21/10/2024).

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan MTQ ke-17 tingkat Kabupaten Gunung Mas ini akan diikuti para kafilah dari sejumlah kecamatan yang ada di Gumas. Yakni Kurun 45 orang, Tewah 45 orang, Kahayan Hulu Utara 24 orang, Sepang 60 orang, Rungan Barat 30 orang dan Kecamatan Manuhing 60 orang.

Penyang yang juga mendapat kepercayaan sebagai Ketua Panitia Penyelenggara MTQ XVII tingkat Kabupaten Gumas 2024 itu mengatakan, pihaknya telah membangun panggung sebagai arena untuk pergelaran MTQ XVII tahun 2024 dan berbagai sarana prasarana masih terus dipersiapkan panitia penyelenggara. “Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Baras Ngahai, Kelurahan Jakatan Raya, Kecamatan Rungan,” ujarnya.

Penyang juga menyampaikan, bahwa panitia sudah mempersiapkan losmen dan rumah warga untuk menampung para kafilah dari setiap kecamatan yang mengikuti MTQ. Sedangkan persiapan lain yang telah dipersiapkan yaitu berkoordinasi dengan aparat keamanan, baik Polri maupun TNI.

“Kita tahu saat ini masih dalam suasana pilkada serentak. Dari panitia juga sudah berkoordinasi dengan Bawaslu kabupaten. Namun warga mendukung pelaksanaan MTQ XVII di daerah kita. Mereka bersama panitia bertekad menyukseskan event ini, sehingga berjalan baik dan lancar,” ungkapnya. (nya/ens)

Exit mobile version