Site icon KaltengPos

Maksimalkan Pekarangan untuk Bercocok Tanam

MENGHASILKAN : Pj Bupati Kobar Anang Dirjo didampingi Plh Sekda Juni Gultom ketika melakukan panen cabai, beberapa waktu lalu. (FOTO: PROKOM KOBAR UNTUK KALTENG POS)

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mengajak seluruh masyarakat bisa hidup mandiri. Khususnya dalam menyedikan ketahanan pangan di rumahnya masing-masing. Salah satu caranya dengan memaksimalkan halaman pekarangan untuk bercocok tanam. Masyarakat bisa menanam berbagai sayuran. Dimulai dengan menanam cabai salah satu bahan pokok pangan yang mudah.

“Kami ajak warga maupun petani mencoba melakukan penanaman pohon cabai. Dimulai dengan jumlah yang kecil diyakini nantinya bisa besar,apabila dilakukan secara serius,”kata Pj Bupati Kobar Anang Dirjo, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, bahwa selama ini sudah banyak bukti para petani sukses menanam pohon cabai. Dengan  cara pencanangan gerakan gemar menanam. Tentunya gerakan ini diharapkan dapat membantu mengatasi tingginya harga dan kelangkaan pangan di pasaran serta sebagai upaya strategis dalam mengendalikan inflasi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh warga dan petani di Desa Batu Kumpai Atas. Mereka bukan hanya melakukan penanaman cabai saja, tetapi juga  tomat. Hasilnya mampu berkembang dengan pesat dan jumlahnya banyak. Semuanya dilakukan di lahan yang tudak begitu luas sekitar rumahnya.

“Ini bukti bahwa mereka serius dan mau mencoba dengan diawali gemar menanam. Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan,”ujarnya.

Pemerintah melalui dinas terkait akan memverikan suport melalui penyuluh pertanian yang dimiliki. Sehingga masyarakat ataupun petani akan diajak mengawalinya. Dengan harapan akan mendapatkan hasil yang maksimal.(son/ram)

Exit mobile version