Site icon KaltengPos

Telat 7 Hari, Gaji Guru PNS Akhirnya Cair

DIALOG: Bupati Kotim, Halikinnor mendengar curhatan guru saat menggelar talk show, belum lama ini.

SAMPIT – Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Kotawaringin Timur bisa bernapas lega. Pasalnya, setelah sempat terlambat selama 7 hari, semua guru PNS akhirnya dapat menerima gaji untuk bulan Maret. 

“Biasanya setiap tanggal 1 gaji kami sudah cair. Ini ada keterlambatan. Informasi dari teman-teman guru tadi malam gaji sudah masuk ke rekening,” kata Salah seorang Guru, Surya Winata,” Rabu (9/3).

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Susiawati, menyebutkan pada 8 Maret 2022 gaji guru PNS mulai ditransfer ke rekening masing-masing.

“Gaji masuk hari ini ke rekening masing-masing guru,” kata Susiawati.

Dia menuturkan, memang ada antrean dalam penginputan sistem, lantaran jumlah guru di Kotim yang mencapai ribuan. Namun, ia pihaknya berupaya agar antrean tersebut dapat diselesaikan,  Sehingga, para guru dapat segera mencairkan gaji yang memang hak mereka.

“Tenaga pendidik kita kan sampai ribuan, jadi di sistem itu antre masuknya, tapi sudah dilaksanakan hari ini,” ujarnya.

Untuk diketahui pada bulan Maret 2022 ada keterlambatan pencairan gaji para guru PNS yang berada dibawah kewenangan Disdik Kotim. Sehingga, membuat para pahlawan tanpa tanda jasa sempat resah dan khawatir akan adanya penundaan atau rapelan gaji.

Namun, kabar itu ditampik oleh pihak Disdik Kotim yang menyatakan keterlambatan pengiriman gaji ini disebabkan ada kesalahan teknis saat penginputan data Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Hal ini telah berkoordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan data SPID segera diinput, kemudian diverifikasi, sehingga gaji dapat segera dicairkan. (sli/ans/ko)

Exit mobile version