Site icon KaltengPos

Mobil Toilet Siap Beroperasi

Pejabat Dinas PUPR Perkimtan memperlihatkan mobil toilet pengadaan tahun 2022 di Kantor DPUPR Perkimtan Lamandau, Selasa (10/1/2023). (RUSLAN/KALTENG POS)

NANGA BULIK-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPUPR Perkimtan) Kabupaten Lamandau mendatangkan satu armada mobil toilet keliling untuk masyarakat Nanga Bulik.

Saat mobil toilet tersebut sudah tiba di Kabupaten Lamandau, dan siap dioperasikan. Pengadaan armada baru ini menggunakan anggaran pendataan belanja daerah (APBD) tahun 2022.

Plt Kepala Dinas PUPR Perkimtan Kabupaten Lamandau Joni Elen menyampaikan, pengadaan mobil toilet keliling saat ini memang menjadi kebutuhan pemerintah daerah, khusus dalam mendukung ketersediaan fasilitas toilet pada saat ada kegiatan di lapangan terbuka (outdoor) di area publik dengan mengumpulkan orang dalam jumlah banyak.

“Selain digunakan untuk kebutuhan saat ada event tertentu, mobil toilet ini nantinya juga bisa digunakan untuk keperluan saat kebencanaan atau ditempatkan di posko-posko,” kata Plt Kadis PUPR Perkimtan Lamandau Joni Elen, Selasa (10/1/2023).

Dijelaskannya, bahwa pengadaan mobil toilet ini merupakan salah satu program kegiatan Dinas PUPR, khususnya bidang Cipta Karya untuk pengelolaan air limbah domestik. Mobil yang dilengkapi dua bilik toilet dan satu wastafel ini juga dilengkapi dengan pendingin udara.

Pihaknya mengakui, jika kedatangan satu mobil toilet sempat terlambat karena terkendala pengiriman dari Pulau Jawa akibat cuaca yang kurang mendukung. Dimana kendaraan baru datang pada awal Januari 2023.

“Karena kendaraan tersebut hanya bisa produksi di Jawa, mobilnya sudah siap, tapi bulan Desember kemarin gelombang tinggi dan tidak ada kapal yang berangkat sehingga mengalami keterlambatan pengiriman,”  jelasnya.

Joni menambahkan, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki, tahun 2022 lalu pihaknya hanya mengadakan satu mobil toilet. Namun untuk kelengkapan penunjang lainnya, seperti mobil pasokan air bersih dan mobil penyedot tinjanya sudah dimiliki sejak lama. (lan/ens)

Exit mobile version