Site icon KaltengPos

Wujudkan Sinergi TNI dan Pemerintah Melalaui TMMD

Bupati Lamandau H Hendra Lesmana (pakai peci) bersama Dandim 1017 Lamandau Letkol Inf Hafes Is Jafrin menandatangani berkas pelaksanaan TMMD tanda dimulainya kegiatan TMMD imbangan ke 111 Kodim 1017 Lamandau tahun 2021. Foto: humas

NANGA BULIK – Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana mendukung program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Menurutnya program yang digulirkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tersebut merupakan bentuk nyata sinergitas TNI dengan Pemerintah untuk bersama-sama membangun daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, di sela-sela kegiatannya saat menghadiri pembukaan TMMD imbangan ke 111 di markas kodim 1017 Lamandau, Rabu kemarin, (15/6).

Kegiatan yang turut dihadiri Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, Ketua DPRD Lamandau, M Bashar, Sekda Lamandau, M Irwansyah, Kapolres AKBP Arif Budi Purnomo, serta sejumlah kepala OPD , camat dan kades terkait, mendapat dukung dari Pemkab Lamandau.

“Ini adalah bentuk sinergi antara Kodim 1017/Lamandau dan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana.

Bupati menjelaskan, bahwa pemkab sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan TMMD Kodim 1017/Lamandau. Karena dapat mendorong dan mempercepat pelaksanaan pembangunan wilayah.

“Tarlebih Kabupaten Lamandau sebagai kabupaten pemekaran tentunya masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya infrastruktur,” jelasnya.

Bupati meneruskan, salah satu kendala yang dialami pemerintah dalam membangun daerah, adalah terbatasnya anggaran yang mewajibkan daerah memprioritaskan program dan kegiatan tertentu.

“Sehingga kegiatan TMMD ini sangat membantu kita dalam rangka pelaksanaan pembangunan. Selain mendapatkan manfaat, melalui TMMD ini juga dapat mempererat tali silaturahmi dan kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu Dandim 1014 Lamandau, Letkol Inf Hafes Is Jafrin, menjelaskan, melalui program TMMD ini menunjukkan bahwa TNI bukan hanya sebagai alat negara yang memikul senjata, tetapi juga sebagai mitra pemerintah dalam membangun masyarakat .

Kegiatan akan dijadwalkan berlangsung selama satu bulan penuh ,tersebut dilaksanakan di desa Mengkalang, Kecamatan Batang Kawa, mulai Selasa, 15 Juni 2021.

“Kegiatan TMMD ini menitikberatkan pada kegiatan fisik dan nonfisik. Untuk fisiknya, kita laksanakan pembukaan dan peningkatan badan jalan yang menghubungkan Desa Mengkalang dengan Desa Karang Mas sepanjang 11 Km,” kata Dandim Lamandau, Letkol Inf Hafes Is Jafrin.

Ditambahkannya, selain itu, kegiatan nonfisik menyangkut berbagai kegiatan, diantaranya sosialisasi wawasan kebangsaan, hukum, kesehatan, stunting dan sosialisasi pencegahan karhutla. (lan/b)

Exit mobile version