Site icon KaltengPos

DLH Bagikan 500 Bakul Purun Kemasan Daging Kurban

RAMAH LINGKUNGAN: Tim DLH Kota Palangka Raya membagikan 500 bakul purun kepada panitia kurban di Masjid Kecubung Kota Palangka Raya, Selasa (27/6). DISKOMINFO

PALANGKA RAYA-Upaya mengurangi penggunaan kantong plastik pada perayaan Iduladha 1444 H dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya. Mereka membagikan 500 bakul purun kepada panitia kurban di Masjid Kecubung Kota Palangka Raya, Selasa (27/6).

Kepala DLH Kota Palangka Raya, Achmad Zaini menyebutkan, pembagian bakul purun ini bertujuan memotivasi warga agar tidak menggunakan kantong plastik saat pembagian daging kurban.

“Harapan saya dengan dibagikannya bakul purun ini warga dapat termotivasi agar tidak menggunakan kantong plastik saat pembagian daging kurban, sehingga akan mengurangi volume sampah plastik di kota seempat,” kata Zaini.

Dikatakan Zaini, sampah kantong plastik dapat mencemari lingkungan. Seperti pencemaran tanah, air, laut, bahkan udara. Hal ini dikarenakan sampah plastik sulit terurai di alam, memakan waktu ratusan hingga ribuan tahun.

“Ada alternatif lain pengganti kantong plastik untuk membungkus daging kurban seperti besek yang terbuat dari bambu, besek dari daun kelapa, besek dari pandan, daun jati, daun pisang, atau bakul purun,” sambungnya.

Zaini menambahkan jika pembagian bakul purun ini juga dalam rangka membantu UMKM di Kota Palangka Raya dalam memasarkan produk ayaman purunnya. (hms/ans)

 

Exit mobile version