Site icon KaltengPos

Fokus Kembangkan Wisata Kuliner

PEMANTAUAN: Pj Wali Kota Palangka Raya, Dr Hera Nugrahayu melakukan pemantauan Dermaga Pelabuhan Rambang, Senin (7/10).

PALANGKA RAYA – Dermaga Pelabuhan Rambang di Jalan Riau masih dinilai kumuh dan kurang tertata, sehingga Pj Wali Kota Dr Hera Nugrahayu mengambil langkah untuk melakukan penataan ulang di kawasan tersebut. Langkah awal dilakukan dengan pemantauan dan pengecekan langsung oleh Hera untuk melihat kondisi dermaga yang dinilai memiliki potensi wisata besar, khususnya dalam bidang kuliner, Senin (7/10/2024).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari rencana kami untuk kembali melakukan penataan, tidak hanya di kawasan ini tetapi juga di beberapa kawasan lainnya, fokus kami adalah memulai kembali proses penataan yang mungkin sebelumnya kurang mendapat perhatian,” ujar Hera saat melakukan kunjungan di Dermaga Rambang.

Hera menjelaskan kawasan bantaran sungai, termasuk Dermaga Rambang, memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi kawasan pariwisata kuliner. Menurutnya, banyak UMKM yang sudah beroperasi di sana, namun belum terkelola dengan optimal.

“Sebenarnya, setiap sore sudah banyak UMKM yang menjual makanan lokal di sini, kami berencana menghidupkan kembali kawasan ini, salah satunya dengan pola kerja sama pihak ketiga,” tambahnya.

Lebih lanjut Hera mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari rencana besar yang mencakup penataan kawasan bantaran sungai, mulai dari Mendawai hingga Puntun. Namun, karena membutuhkan biaya besar, Pemerintah Kota Palangka Raya akan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan berbagai pihak lainnya untuk memastikan penataan berjalan dengan baik. Di sisi lain, intervensi terhadap infrastruktur dan masalah sosial di kawasan Puntun juga akan menjadi fokus utama. (mut/ans)

Exit mobile version