Site icon KaltengPos

Antisipasi Genangan Air, Saluran Drainase Dibersihkan

Akhir-akhir ini, Kota Palangka Raya sering diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang cukup lama. Hal tersebut berpotensi terjadi genangan air di sekitaran kompleks pemukiman masyarakat.

PATHUR RAHMAN-AINUR ROFIQ, Palangka Raya

DEMI mengantisipasi dan mencegah terjadinya genangan air di Kota Palangka Raya, Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani bersama dengan anggotanya melakukan penyemprotan saluran drainase di sekitar pemukiman warga. Kegiatan penyemprotan saluran drainase menggunakan tekanan air yang cukup tinggi ini, bertujuan untuk memperlancar saluran drainase dari sumbatan seperti tanah, maupun dari media-media lainnya.

“Kami dapat permohonan dari warga untuk membantu melakukan pembersihan drainase, maka dari itu hari ini kami bersama warga pilau melakukan gotong royong membersihkan drainase,” ucapnya kepada Kalteng Pos, Minggu (14/2).

Sambungnya, dalam kegiatan pembersihan drainase tersebut selain dibantu oleh masyarakat sekitar pihaknya juga dibantu oleh Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) Panarung yang menggunakan kendaraan roda tiga.

Untuk mengangkut sampah hasil pembersihan drainase untuk di angkut ke depo sampah terdekat, bahkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam giat gotong royong tersebut juga dihadiri babinsa Kelurahan Panarung.

Emi berharap, upaya gotong royong membersihkan drainase seperti bisa menjadi contoh untuk diterapkan di pemukiman warga lainnya. Agar saluran drainasenya bisa berfungsi dengan normal sebagai mana mestinya.

“Alhamdulillah untuk giat gotong royong yang dilakukan kurang lebih hampir dua jam ini bisa berjalan dengan lancar, dan alhamdulillah juga aliran drainase di kawasan Pilau ini sudah lancar dan bersih,” pungkasnya.

Sementara itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya bersama masyarakat melakukan juga turut membersihkan drainase di beberapa titik sepanjang ruas jalan Kelurahan Panarung, Minggu (14/2). Kepala DPKP Kota Palangka Raya Gloria Aden mengatakan, kegiatan normalisasi drainase di beberapa titik samping ruas jalan yang melibatkan pihak Kelurahan Panarung, serta masyarakat tersebut, sebagai salah satu upaya mendukung kelancaran dan kenyamanan masyarakat.

“Mengingat saat ini hujan terus mengguyur, untuk itu kami bersama masyarakat, kelurahan, serta tim unit Damkar secara gotong royong melakukan pembersihan, pengangkatan sedimentasi lumpur dan sampah di sepanjang ruas jalan Kelurahan Panarung,” katanya.

Mudah-mudahan kegiatan normalisasi drainase di seluruh samping ruas jalan di Kelurahan Panarung ini dapat meminimalisir, utamanya mencegah meluapnya air drainase hingga menyebabkan banjir.

“Kami pun berharap peran serta masyarakat agar tidak lagi membuang sampah diselokan yang menyababkan endapan lumpur dan sampah hingga drainase tak berfungsi secara optimal,” imbaunya.(uni/pk)

Exit mobile version