Site icon KaltengPos

Dinsos Pastikan Ketepatan Pemberian Bantuan Sosial

Riduan

PALANGKA RAYA – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palangka Raya menegaskan komitmennya dalam memastikan bantuan sosial tepat sasaran bagi masyarakat miskin. Kepala Dinsos Kota Palangka Raya Riduan menyatakan, pihaknya rutin berkoordinasi dengan kelurahan untuk memastikan penerima bantuan benar-benar memenuhi kriteria yang ditetapkan. Langkah ini dilakukan agar penyaluran bantuan dapat berjalan dengan baik dan efektif.

“Kami sering turun ke lapangan untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan tidak salah sasaran,” kata Riduan, Selasa (15/10/2024).

Riduan menambahkan, jika bantuan tidak tepat sasaran, hal itu berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. Pada Oktober ini, Dinsos akan melaksanakan verifikasi data kemiskinan di lapangan. Riduan menyebutkan bahwa verifikasi tersebut akan dimulai pada minggu ketiga Oktober, dengan melibatkan tim Program Keluarga Harapan (PKH) yang akan memantau langsung kondisi penerima bantuan.

Salah satu inovasi yang digunakan dalam verifikasi adalah aplikasi Pandohop Miskin, yang mempermudah tim untuk memastikan data penerima. Dengan bantuan aplikasi tersebut, Dinas Sosial dapat membandingkan data lapangan dengan data yang ada sebelumnya untuk memastikan validitas.

“Kami akan verifikasi ulang semua data yang ada untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penentuan kategori miskin,” tutupnya. (mut/ans)

Exit mobile version