Site icon KaltengPos

Pemerintah Daerah Siap Hadapi Omicron

Kadinkes Mengaku Belum Ditemukan Covid-19 Varian Baru di Kalteng

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul menyebutkan, bahwa hingga saat ini belum ditemukan kasus Covid-19 varian omicron yang terdeteksi melalui laboratorium di wilayah Kalteng. Namun, apabila memang nantinya di Bumi Tambun Bungai terdeteksi varian baru tersebut, maka pemerintah daerah (pemda) sudah siap untuk menanganinya.
“Kami sudah siap apabila memang ada varian omicron nantinya, karena dari sisi pengobatan dan pencegahan tidak ada bedanya dengan varian-varian sebelumnya,” kata Suyuti Syamsul, beberapa waktu lalu.
Bahkan, pihaknya menyebutkan bahwa hingga saat ini cara yang masih sangat ampuh untuk mencegah penularan Covid-19 termasuk varian omicron itu dengan melaksanakan protokol kesehatan (prokes) ketat. Tidak hanya Covid-19, virus yang penularannya melalui saluran pernapasan itu memang ampuh dengan menerapkan prokes 5M.
“Varian apapun, termasuk omicron, lantaran hingga saat ini 5M yang saat ini diterapkan itu bisa mencegah virus yang melalui saluran pernapasan,” tegasnya.
Selain dengan penerapan prokes, pemerintah saat ini juga tengah mempercepat pelaksanaan vaksinasi di seluruh kabupaten/kota se-Kalteng dan sudah ada beberapa daerah yang bisa melaksanakan vaksinasi booster.
“Hingga saat ini, vaksinasi booster di beberapa daerah yang sudah melaksanakan berjalan dengan baik, dan perlu dipahami bahwa vaksinasi booster ini tidak wajib. Tidak seperti vaksinasi dosis 1 dan 2. Vaksinasi booster ini hanya bersifat opsional sehingga tidak wajib,” pungkasnya. (abw/ens)

Exit mobile version