Site icon KaltengPos

Gubernur Kalteng Berencana Bangun Kandang Ayam Skala Besar

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mewacanakan akan membangun kandang ayam berskala besar di lokasi Tangkiling Km 38. ARIEF PRATHAMA/KALTENG POS

PALANGKA RAYA- Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam melakukan upaya mencegah inflasi tidak hanya dengan memfokuskan pada program pengembangan perkebunan hortikultura seperti dalam gerakan tanam (gertam) bawang dan cabai (babe). Namun juga pada pengembangan komoditas hasil peternakan seperti daging ayam dengan membangun kandang ayam modern.

Gubernur mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan membangun kandang ayam besar yang juga berada di kawasan Tangkiling Km 38 yang mana dekat dengan lokasi lahan dari gertam babe.

“Nanti juga dibangun kandang ayam modern, nanti dibuat semacam apartemen ayam beberapa tingkat di sini,” ujarnya di sela-sela kegiatan peninjauan panen perdana cabai, Selasa (27/12/2022).

Selain membangun kandang ayam skala besar, sebagai upaya mendukung berkembangnya komoditas peternakan di Kalteng pihaknya juga akan membangun pabrik pakan besar. “Selain dibangun kandang ayam juga akan dibangun pabrik pakan,” tambahnya.

Gubernur juga mengatakan pada Februari 2023 pihaknya akan melakukan peletakan batu pertama untuk membangun RMU. RMU atau Rice milling unit adalah usaha penggilingan padi yang memproses gabah menjadi beras. Gubernur membeberkan dalam upaya mengembangkan pertanian Kalteng pada bidang pertanian dan peternakan tahun ini, mereka telah menggelontorkan dana sebesar Rp150 miliar.

“Kami menggelontorkan dana tahun ini untuk mengembangkan pertanian dan peternakan Kalteng sampai 150 miliar lebih,” bebernya.

Membandingkan dengan dana gelontoran untuk bidang pertanian tahun lalu, gubernur menyebut untuk gelontoran dana tahun ini yang berjumlah Rp150 miliar lebih tadi jauh lebih besar dari gelontoran dana dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dulu nggak pernah sebesar ini, cuman Rp50 miliar atau Rp30 miliar saja dulu, sekarang Rp150 miliar. Kenapa? Karena kita menyadari pentingnya pangan, karena ketahanan pangan sangat dibutuhkan melihat keadaan dunia saat ini yang ke depannya penuh dengan ketidakpastian” tandasnya.(dan/ram)

Exit mobile version