Site icon KaltengPos

Desa Tuwung Juara 1

DPMD KABUPATEN PULANG PISAU JUARA: Kepala DPMD Kabupaten Pulang Pisau Herman Wibowo, Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dan Kepala Desa Tuwung seusai penyerahan piagam juara lomba desa tingkat Provinsi Kalteng kategori Wilayah Tengah, Kamis (17/8).

PULANG PISAU-Desa Tuwung Kecamatan Kahayan Tengah berhasil menyabet juara 1 pada ajang lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kategori wilayah tengah tahun 2023. Penyerahan piagam dilakukan saat puncak peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Palangka Raya, Kamis (17/8).

Piagam tersebut diserahkan Wakil Gubenur Kalteng H Edy Pratowo kepada Kepala Desa Tuwung. Saat itu Kepala Desa Tuwung didampingi Kepala DPMD Kabupaten Pulang Pisau Herman Wibowo.

“Kami sangat bersyukur atas keberhasilan Desa Tuwung pada desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah kategori wilayah tengah tahun 2023. Dengan keberhasilan ini kami harapkan bisa menjadi pemacu bagi desa lainnya di Kabupaten Pulang Pisau untuk terus berinovasi demi kemajuan desa,” kata Herman.

Herman juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, khususnya Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dan Sekda Pulang Pisau Tony Harisinta, Camat Kahayan Tengah Siswo, Pemdes dan Masyarakat Desa Tuwung serta semua pihak atas semua dukungan dan arahan yang diberikan.

Dia mengungkapkan, lomba desa tersebut menitik-beratkan pada unsur budaya lokal, daerah, penguatan ekonomi masyarakat pascapandemi dan kebersamaan dalam keragaman. “Desa Tuwung berhasil meraih juara 1 dapat dilihat dari unsur budaya lokal, adat istiadat, seni tari dan kuntau yang ditampilkan itu masih cukup kuat berkembang di masyarakat,” kata dia.

Selain itu, ujar Herman, wisata alam danau di desa tersebut yang dikelola melalui BUMDes dapat menjadi unggulan desa dan sumber pendapatan desa. Kemudian, hutan desa juga dikelola dengan baik dan dimanfaatkan sebagai tempat wisatawan mancanegara untuk belajar. Selain itu keberadaan KUPs Perikanan, Peternakan dan madu kelulut juga menjadi produk unggulan bagi Desa Tuwung. (art)

Exit mobile version