Site icon KaltengPos

Kotawaringin Barat Raih Predikat UHC

PRESTASI : Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan dr Lily Kresnowati MKes menyerahkan piagam Universal Health Coverage kepada Pj Bupati Kobar Anang Dirjo di halaman Kantor Bupati Kobar, Senin (3/10).

PANGKALAN BUN-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan. Penghargaan UHC diberikan pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat ke-63, Senin (3/10).

Dalam rilis yang diterima Kalteng Pos, Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati mengapresiasi, bahwa Pemkab Kobar telah mencapai UHC dengan capaian persentase sebesar 95.75 persen dari total penduduk Kotawaringin Barat sebanyak 264.449 jiwa.

Dengan tercapainya UHC di Kabupaten Kotawaringin Barat, tentu akan semakin membuka akses layanan Kesehatan bagi setiap warga masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial, baik dalam pelayanan kesehatan kuratif, rehabilitatif maupun pelayanan promotif dan preventif yang efektif.

Dia menambahkan, pencapaian UHC merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dalam menjamin kesehatan seluruh warga masyarakatnya.

“Kami berharap dukungan Pemkab Kobar dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah kepesertaan JKN agar seluruh masyarakat terlindungi jaminan kesehatannya,” tutur Lily.

Sementara itu, Pj Bupati Kobar Anang Dirjo sangat bersyukur atas diraihnya predikat UHC Kepesertaan JKN BPJS Kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat. Diharapkan dengan telah diraihnya UHC Kabupaten Kotawaringin Barat tersebut, akses pelayanan kesehatan semakin mudah, cepat dan efisien.

Anang juga berterimakasih kepada jajarannya yang telah bekerja dengan giat untuk melakukan validasi data serta pendataan masyarakat, sehingga dapat diraih predikat UHC pada 2022.

“UHC merupakan hadiah untuk masyarakat di Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat yang ke-63, mari kita bersama-sama untuk terus mengawal kualitas dan mutu pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Ia menambahkan, dari pemberi pelayanan kesehatan baik pelayanan kesehatan di tingkat pertama ataupun ditingkat lanjutan agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang terbaik dengan skema layanan Program JKN. Dengan telah tercapainya UHC ini, semoga memberikan banyak manfaat bagi penduduk khususnya masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat.

Pj Bupati menyebut, diraihnya UHC Program JKN BPJS Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat tidak lepas dari dukungan dan peran penting seluruh jajaran baik itu camat, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Disdukcapil serta Forkopimda untuk berkolaborasi wewujudkan jaminan kesehatan terbaik untuk masyarakat. (kom/sli/b5/aza)

Exit mobile version