Site icon KaltengPos

PLN Sukses Energize GIS 150 kV Mintin

KEBERSAMAAN : Personel PLN foto bersama saat pencapaian milestone energize GIS 150 kV Mintin Bay Town Feeder Transformer 30 MVA, beberapa waktu lalu.

PULANG PISAU – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP KLB) berhasil mencapai milestone Energize pada Gas Insulated Switchgear (GIS) Mintin Bay Town Feeder Transformer 150/20 kV – 30 MVA pada tanggal 6 Januari 2023, pukul 22.35 WIB.

GIS ini terletak di dalam PLTU Pulang Pisau yang berlokasi di Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau. Dengan trafo berkapasitas 30 MVA, proses energize yang berhasil dilakukan sebagai bukti bentuk kolaborasi antar Unit, yaitu PLN UIP KLB bersama dengan PLN Pusat Sertifikasi (Pusertif), PLN Unit Pelaksana Transmisi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UPT KSKT) dan Kontraktor PT Mega Power Teknindo.

“Untuk pekerjaan uprating GIS ini telah kami mulai pada September dan diselesaikan pada Desember 2022. Kami sangat bersyukur pekerjaan ini dapat kami rampungkan dengan cepat sehingga dapat segera digunakan untuk melayani kepada masyarakat,” ucap Manajer Unit Pelaksana Proyek 3 PLN UIP KLB, Osta Melanno.

Senada dengan Osta, General Manager PLN UIP KLB, Reisal Rimtahi Hasoloan juga mengungkapkan rasa syukurnya atas energize proyek tersebut. “Melalui energize GIS 150 kV Mintin 30 MVA ini, diharapkan akan meningkatkan keandalan listrik di Kalimantan Tengah, sehingga dapat meningkatkan iklim investasi di Pulang Pisau khususnya melalui program Food Estate pemerintah,” tuturnya.

Lebih lanjut Reisal menjelaskan, bahwa pembangunan uprating GIS 150 kv Mintin telah mencapai prosentase TKDN sebesar 42,03%. “Pengembangan salah satu infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Kalimantan Tengah merupakan komitmen PLN untuk menyediakan listrik yang cukup, serta mendukung pemulihan sektor ekonomi dan bisnis yang ada khususnya di Kabupaten Pulang Pisau,” terangnya.

Reisal juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. “Terima kasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat yang terlibat yang telah memberikan dukungan terhadap penyelesaian proyek pengembangan ketenagalistrikan ini,” tandasnya. (kom/hms/b15/aza)

Exit mobile version