Site icon KaltengPos

Perkuat Tim Efektif, Pastikan Pemungutan PAD Optimal

PAPARAN : Kasatpol PP Berlianto selaku Ketua Kegiatan saat menyampaikan laporan kegiatan peningkatan kapasitas SDM Tim Efektif untuk mengawal peraturan daerah (Perda) di Palangka Raya, Kamis (24/10).

PALANGKA RAYA-Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bekerjasama dengan Forum Kemitraan Stakeholder menggelar kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Tim Efektif untuk mengawal peraturan daerah (Perda). Bertujuan memperkuat peran Tim Efektif dalam pengawasan dan penegakan Perda secara kolaboratif, edukatif, responsif, dan preventif (TEKAD KEREN), kegiatan ini dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palangka Raya, Kamis (24/10).

Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu menegaskan, kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk mengatasi masalah rendahnya pemungutan Pendapatan Asli Daerah (PAD), terutama dari pajak daerah dan retribusi.

“Banyak masyarakat yang belum patuh, entah karena kurang paham atau enggan membayar pajak. Tim Efektif ini akan menjadi ujung tombak perubahan, memastikan pemungutan PAD lebih optimal,” ucap Hera.

Hera juga menekankan bahwa Tim Efektif tidak hanya akan fokus pada pajak dan retribusi, tetapi juga akan mengoptimalkan potensi pendapatan daerah lainnya.

“Selama regulasi mendukung, kami akan manfaatkan Tim Efektif untuk memastikan semua sumber pendapatan daerah digarap secara maksimal,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kasatpol PP Kota Palangka Raya, Berlianto SE ME, yang juga ketua kegiatan ini, menyatakan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam mengawal pelaksanaan Perda, khususnya yang berkaitan dengan pajak dan retribusi.

“Kegiatan ini bukan sekadar proyek perubahan, tetapi upaya nyata untuk mendorong optimalisasi PAD secara konkret dan berkelanjutan,” kata Berlianto.

Dengan kegiatan ini, Pemko Palangka Raya bertekad meningkatkan efektivitas pemungutan PAD, mengawal pelaksanaan Perda, dan memastikan bahwa kebijakan daerah dijalankan dengan baik demi kemajuan kota. (kom/uut/ktk/aza)

Exit mobile version