Site icon KaltengPos

Sistem AYC Menambah Keamanan Xpander Cross

MUDAH DIKENDALIKAN Saat menikung di permukaan jalan licin, sistem AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

JAKARTA – Pembaruan yang dilakukan Mitsubisi terhadap generasi terbaru Xpander Cross benar-benar memanjakan konsumen. Tak hanya memiliki tampilan yang lebih istimewa, mobil ini turut dibekali sistem pengereman active yaw control (AYC) yang membuatnya lebih aman saat melaju di tikungan dan jalanan licin.

Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi. Bekerja sama dengan anti-lock braking system (ABS) dan active stability control (ASC), sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara.

“Jadi fungsi dari AYC ini pada dasarnya akan menghindari perilaku yang enggak perlu baik understeer maupun oversteer karena sistem kerjanya mobil ini akan mendeteksi apakah putaran mesinnya terlalu kencang atau terlalu tinggi, apakah setirnya terlalu patah atau apakah putaran bannya terlalu kencang. Jadi ada varian tiga itu yang dibaca sistem itu,” beber Rifat Sungkar, pereli Indonesia peraih berbagai gelar di ajang internasional ini.

Hebatnya lagi, tambah Rifat, banyaknya sistem yang disematkan di kendaraan ini tidak memengaruhi sistem kerja. Sangat efisien. Tidak on all the time. Untuk menyalakan fungsi ini hanya butuh sepersekian detik. Jadi semua sistem yang ada tidak membebani kendaraan sehingga membutuhkan energi lebih.

“Itulah kecanggihan teknologi ini dan semua bisa dideteksi dengan MUT atau alat scan kami,” beber Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia tersebut.

Rifat mengklaim teknologi ini yang terbaik. Dia merinci, sistem pengereman paling rendah ada di ABS, nomor dua TC atau ASC, setelah itu mobil yang kelas nya ada di atas punya sistem berjenjang yakni AYC. Sistem ini akan dijalankan dengan ASC sebelum Yaw Control. ASC adalah tahap pertama ketika mobil kelihatan agak slip, seketika putaran mesin dikurangi.

“Tapi ketika mobil sudah di jalurnya, mobil pasti akan terus kencang. Maka AYC bekerja Variabel yang dibaca ada empat: wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin dan rem. Empat-empatnya kerja bareng. Ini advanced sekali, setiap ASC mobil bekerja pasti mobil kecepatannya lebih pelan, setelah itu dia akan berpikir lama setelah gripnya. Begitu dengan AYC kecepatan akan disesuaikan dengan putaran mesin, putaran palang kemudi. Mobil ini akan menjaga momentum, kecepatan dalam setiap kondisi,” bebernya.

Mobil andalan Mitsubishi di kelas low Sport Utility Vehicle (SUV) ini telah mendapat berbagai pembaruan di sisi eksterior. Membuatnya lebih agresif, modern dan mewah. Berkat pembaruan pada sisi T-Shape Headlamp, Front & Rear Powerful Bumper Design, 17- inch Alloy Wheel Design, LED Foglamp, Distinctive Trapezoid Grille, serta penyempurnaan Wheel Arc Moulding.

Penampilan atraktif Xpander Cross makin lengkap dengan kemewahan dan kenyamanan pada sisi interior. Berkat kabin yang luas dan berkualitas tinggi. Dilengkapi dengan berbagai macam tempat penyimpanan serbaguna, serta pilihan konfigurasi kursi yang fleksibel sehingga memberikan kemudahan dan utilitas.

Ada pula penambahan fitur-fitur yang dapat menambah kenyamanan para pengguna dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Seperti wireless charger, 8inch LCD Meter Cluster, dan New Steering Wheel Design.Dan juga telah dilengkapi dengan Micron Air Filtration yang menjaga sirkulasi kualitas udara di dalam kabin dan meningkatkan kenyamanan seluruh anggota keluarga.

“Kombinasi sempurna antara agresivitas dan pengalaman berkendara kelas atas serta system control dan keamanan yang semakin baik akan memberi Anda lebih banyak energi dan kekuatan dalam meningkatkan kepercayaan diri,” ungkap President Director of PT MMKSI Naoya Nakamura saat peluncuran New Xpander Cross di GIIAS ICE BSD, 11 Agustus 2022 lalu.

New Xpander Cross hadir dalam dua varian: CVT Premium Package dan Manual Transmission. Dengan lima pilihan warna yakni Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan warna baru Green Bronze Metallic. (del/uyi)

Exit mobile version