Site icon KaltengPos

Wujudkan KLA di Wilayah Kalteng

KEBERSAMAAN : Kadis P3APPKB Kalteng dr Linae Victoria Aden bersama narasumber dan peserta foto bersama sebelum kegiatan dimulai di Aula Bawi Bahalap Kantor DP3APPKB Kalteng, Jumat (27/5).

DP3APPKB Gelar Advokasi Pemenuhan Hak Anak

PALANGKA RAYA – Un-tuk mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) diseluruh wilayah Provinsi Kalimantan Ten-gah (Kalteng), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan  Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pen-duduk dan Keluarga Beren-cana (DP3APPKB) Provinsi Kalteng menggelar kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pen-dampingan Pemenuhan Hak Anak kepada Lembaga Pe-merintah, non Pemerintah, media maupun dunia usaha, di Aula Bawi Bahalap Kantor DP3APPKB Kalteng, Palangka Raya, Jumat (27/5).

Kepala DP3APPKB Kalteng dr Linae Victoria Aden MM Kes, mengatakan, penyeleng garaan KLA dilakukan melalui pengintegrasian seluruh sistem pembangunan di ka-bupaten/kota, yang berarti melakukan pengintegrasian hak anak-anak dalam setiap proses penyusunan kebijakan, program dan kegiatan disetiap tahapan pembangunan.

“Mulai dari perencanaan dan penganggaran pelaksa-naan, pemantauan dan eval-uasi baik ditingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota hingga kecamatan dan kelura-han maupun desa,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dalam rangka percepatan KLA melalui Pemenuhan hak ber-main anak, maka Pemerintah Kalteng melalui DP3APPKB Kalteng telah mendorong agar kabupaten/kota ber-komitmen menyediakan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yang sesuai standar dan tersertiἀkasi.

“Karena saat ini baru ada 3 kabupaten/kota berproses RBRA tersertiἀkasi yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kasongan,” ungkapnya.

Menurut dr Linae,  dalam prakteknya, tantangan  pemenuhan dan perlin-dungan anak semakin bera-gam, mulai dari kemiskinan, kepemilikan akta kelahiran, partisipasi anak, kekerasan dan eksplorasi terhadap anak, perkembangan teknologi yang dinamis, hingga kondisi  pandemi Covid-19.

“Untuk itu dibutuhkan sistem dan kebijakan yang menyeluruh dan berkelan-jutan untuk menjamin ter-penuhinya hak dan perlind-ungan anak melalui KLA di Bumi Tambui Bungai yang kita cintai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan, Partiani SKM MM Kes menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar semua peserta nantinya dapat memahami untuk melihat sejauh mana komitmen dan dukungan dari Pemerintah, media, dunia usaha serta masyarakat  dalam keikutsertaan demi terwujud-nya KLA.

“Semoga dengan ada ke-giatan ini komitmen di kabu-paten kota semakin baik lagi dan bisa saling bersinergi, sehingga yang menjadi hara-pkan bersama bisa segera terwujud,” tandas Partiani yang juga menjabat sebagai Kabid Perlindungan dan Pe-menuhan Hak Anak DP3AP-PKB Kalteng ini.

Kegiatan yang dihadiri 50 peserta dari Ketua Gugus tugas KLA provinsi dan kabupaten/kota dan Kepala DP3APPKB kabupaten/kota tersebut menghadirkan 4 narasumber, selain dr Linae Victoria Aden, ada juga Tukas SSos MSi dari Bappedalitbang Kalteng, Dr Rusnanie Esra P Pd dari Di-nas Pendidikan dan Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak dari Kementerian PPPA RI, Robert P Sitinjak SH MSi yang hadir secara zoom. (kom/uut/ktk/aza/ko)

Exit mobile version