Site icon KaltengPos

Dandim 1016/Plk Mengaku Bangga

PAPARAN : Mahasiswa Universitas Palangka Raya Jakkirahman saat memaparkan tentang aplikasi sisten pendataan dan pelaporan kegiatan babinsa di Kodim 1016/Plk, Rabu (2/2).

Mahasiswa UPR Menciptakan Aplikasi Pendataan dan Pelaporan Kegiatan Babinsa

PALANGKA RAYA – Kodim 1016 Palangka Raya bekerja sama dengan mahasiswa IT Universitas Palangka Raya (UPR) membangun inovasi satuan melalui aplikasi Sistem Pendataan dan Pelaporan Kegiatan Babinsa (SPPKB), Rabu (2/2).

Hal itu dilaksanakan melalui paparan yang disampaikan mahasiswa IT UPR, Jakkirahman (22) di Aula Makodim 1016/Plk Raya, Jalan Ahmad Yani Nomor 80, Palangka Raya.

Paparan tersebut dihadiri Komandan Kodim 1016 Palangka Raya Kolonel Inf Rofiq Yusuf SSos didampingi Kepala Staf Kodim 1016 Letkol Inf Abdul Salim dan para perwira staf Kodim 1016 Palangka Raya.

Dandim 1016 Palangka Raya Kolonel Inf Rofiq Yusuf mengaku sangat bangga dengan hasil karya salah satu mahasiswa UPR dalam menciptakan aplikasi Sistem Pendataan dan Pelaporan Kegiatan Babinsa.

“Kami apresiasi hasil karya mahasiswa Jakkirahman yang telah menciptakan suatu karya yang sangat membantu TNI AD, khususnya para babinsa dalam pembuatan laporan kegiatan setiap hari. Harapannya, kerja sama ini bisa meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme, khususnya kaum milenial di perguruan tinggi setempat,” ungkap dandim.

Dandim juga menuturkan, sebagai wujud komunikasi sosial dengan warga diwilayah teritorialnya, diharapkan Universitas Palangka Raya bisa mencetak generasi muda yang berkompeten dalam bidang teknologi dan informasi untuk bisa menghasilkan karya yang bermanfaat buat bangsa dan negara.

Sementara itu, Jakkirahman mengatakan, inovasi membangun aplikasi Sistem Pendataan dan Pelaporan Kegiatan Babinsa yang dia ciptakan itu diharapkan dapat memberikan manfaat kepada Kodim 1016 Palangka Raya dalam pendataan dan pelaporan kegiatan babinsa agar dapat menunjang pembangunan bangsa melalui kerja sama dengan masyarakat.

“Saya memilih Kodim 1016 Palangka Raya sebagai wadah penelitian kerja praktik saya, karena saya merupakan anggota perguruan Betako Merpati Putih Cabang Kodim 1016 Palangka Raya yang diasuh oleh Serma Rozikin,” ungkapnya.

Mahasiswa UPR itu mengaku sejak kecil sudah bercita-cita menjadi anggota TNI AD. “Sejak kecil tertanam pada diri saya sendiri bahwa TNI itu dekat dengan rakyat melalui programnya seperti TMMD, karya nakti, dan bakti sosial yang dilaksanakan di desa saya dulu,” kata Jakkirahman.

“Setelah lulus kuliah nanti saya berencana untuk mendaftarkan diri saya melalui jalur perwira prajurit karier TNI AD. Semoga apa yang saya cita-citakan dapat terkabul, sehingga dapat membanggakan kedua orang tua saya dan keluarga,” katanya.  (pendim 1016/plk/ko)

Exit mobile version