Site icon KaltengPos

Memperingati Hari Pahlawan, Korem 102/Pjg Gelar Saresehan di Rumah Tjilik Riwut

Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya foto bersama para nara sumber dan juga keluarga veteran serta para juara lomba saat sarasehan Hari Pahlawan di Rumah Tjilik Riwut, Kamis malam (10/11/2022). FOTO : PENREM 102/PJG UNTUK KALTENG POS

PALANGKA RAYA – Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya SE MM menghadiri sarasehan Hari Pahlawan di Rumah Pahlawan Nasional Tjilik Riwut di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis malam (10/11/2022).

Danrem 102/Pjg dalam sambutannya mengatakan, semua adalah pahlawan, yaitu pahlawan bagi keluarga. “Kita berkumpul bersama di sini untuk mengambil teladan dari seorang pahlawan Tjilik Riwut. Kehadiran semuanya malam ini menjadikan saya yakin dalam membantu pemerintah daerah untuk mengatasi kesulitan-kesulitan masyarakat. Saya titip kepada pemerintah daerah agar bisa membina/mengkader Tjilik Riwut baru yang mampu bersaing di tingkat nasional,” kata danrem.

Peringatan Hari Pahlawan, menurut jenderal bintang satu yang akrab disapa Putra itu, adalah momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. “Semangat kepahlawanan berarti semangat persatuan dengan tidak membedakan golongan. Semangat Hari Pahlawan juga tidak cukup dengan mempertahankan, melainkan dengan membangun negeri,” tegasnya.

Hari Pahlawan tahun 2022 mengangkat tema ”Pahlawanku Teladanku”. Makna tema ini adalah sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya semua bisa mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Danrem 102/Pjg menambahkan, pada sarasehan Hari Pahlawan ini, mengangkat tema ”Keteladanan Tjilik Riwut dalam menjaga persatuan bangsa di wilayah Kalimantan Tengah”. “Harapan kita adalah dengan sarasehan ini akan terjalin silaturahmi, terwujudnya hubungan yang harmonis dan penuh keakraban antaranak bangsa di wilayah Kalimantan Tengah. Saya mengajak kita semua senantiasa meneladani ketokohan Tjilik Riwut, khususnya dalam hal ketulusan dan kesederhanaannya. Penampilan Tjilik Riwut yang bersahaja, seolah tak berjarak dan tidak  membeda-bedakan status sosial, menjadikan  beliau selalu dekat dengan siapa pun, termasuk dengan anak buahnya,” ungkapnya.

Sebagai narasumber dalam sarasehat itu adalah Sidik R Usop (dosen dan sejarawan), Syilvana Ariyani Hamarig Toemon (cucu Tjilik Riwut) dan Muhammad Alfian Mawardi (ketua DPD KNPI Kalteng).

Kegiatan malam itu dirangkai dengan tarian daerah, penyerahan buku  biografi Tjilik Riwut kepada danrem dan narasumber oleh keluarga Tjilik Riwut, penyerahan plakat kepada pihak keluarga dan narasumber oleh danrem, penyerahan lukisan Tjilik Riwut kepada pihak keluarga, penyerahan hasil renovasi rumah veteran oleh danrem didampingi Kancab BRI Kalteng, penyerahan bingkisan dan tali asih kepada veteran oleh danrem serta penyerahan pemenang lomba video ekspos TMMD 115 dan lomba desain poster kepahlawanan Tjilik Riwut. (penrem 102/pjg/ens)

Exit mobile version