Site icon KaltengPos

Dalam Rangka HUT ke-79 TNI, Koramil Jajaran Kodim 1016/Plk Gelar Donor Darah

DONOR DARAH : Pabung Gumas Letkol Inf Mahsun Abadi ikut menyumbangkan darah saat bakti sosial donor darah dalam rangka HUT ke-79 TNI tahun 2024 di Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, beberapa waktu lalu

KUALA KURUN – Dalam rangka wujud nyata sinergi TNI dan masyarakat dalam menjaga kesehatan dan keselamatan bersama serta masih dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), pada Kamis (10/10/2024) lalu, anggota koramil jajaran  Kodim 1016/Plk melaksanakan bakti sosial donor darah di Instalasi Transfusi Darah RSUD Gunung Mas. Kegiatan ini diikuti anggota Koramil 1016-06/Kurun, Koramil 1016-07/Tewah, Polres Gunung Mas, dan BPBD Gunung Mas.

Donor darah ini tidak hanya diadakan sekali, tetapi akan berlanjut dengan pelaksanaan yang dijadwalkan pada Sabtu 12 Oktober 2024 di Koramil 1016-03/Sepang, yang dirangkai dengan jalan sehat dan bakti sosial yang melibatkan masyarakat setempat. Kegiatan ini menunjukkan kepedulian dan keterlibatan langsung TNI dalam kegiatan kemasyarakatan.

Selanjutnya, pada Selasa (15/10/2024) dan Kamis (17/10/2024), donor darah akan dilaksanakan kembali di Instalasi Transfusi Darah RSUD Gunung Mas. Kegiatan ini melibatkan perwakilan instansi vertikal, organisasi otonom, pramuka, organisasi profesi, dan masyarakat.

Tujuan donor darah ini untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di wilayah Gunung Mas. Mengingat keterbatasan kapasitas penyimpanan darah di blood bank Gunung Mas. Para pendonor yang berpartisipasi akan dimasukkan dalam database sebagai pendonor potensial yang siap dipanggil setiap saat dibutuhkan.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1016/Plk melalui Pabung Gunung Mas Letkol Inf Mahsun Abadi menyampaikan, donor darah yang melibatkan berbagai instansi dan masyarakat ini menunjukkan bahwa upaya kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang membutuhkan, tidak bisa dilakukan perorangan, tetapi perlu kolaborasi semua pihak. Selain itu, donor darah secara bersama ini, selain untuk memenuhi kebutuhan darah bagi yang membutuhkan, juga untuk memperkuat rasa kebersamaan dan kepedulian antarsesama.

“Kegiatan ini mencerminkan semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama, serta menjadi wujud nyata sinergi antara TNI dan masyarakat dalam kondisi apapun,” tandasnya. (pendim 1016/plk/ens)

Exit mobile version