Site icon KaltengPos

Bisa Menumbuhkan Kekuatan Ekonomi Baru

MENINJAU : Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H Edy Pratowo bersama peserta PPRA Angkatan LXIII Lemhanas RI mencoba panen udang vaname saat meninjau lokasi shrimp estate di Kabupaten Sukamara, Rabu (15/6).

Wagub dan Peserta PPRA LXIII Lemhanas Meninjau Lokasi Tambak Udang Vaname di Sukamara

SUKAMARA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H Edy Pratowo melakukan kunjungan dan meninjau lokasi shrimp estate ke Kabupaten Sukamara, Rabu (15/6). Dalam kesempatan ini, wagub didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalteng H Darliansjah dan peserta PPRA LXIII dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI.

Wagub bersama rombongan meninjau lokasi tambak udang vaname dan melakukan dialog di lapangan serta pengambilan gambar lokasi. Selain itu, Wakil Gubernur Edy Pratowo dan rombongan juga menjala udang vaname di tambak masyarakat yang ada di Desa Sei Pasir, Kabupaten Sukamara. 

Kunjungan ini sebagai tindak lanjut kegiatan peserta Program Pendidikan Reguler (PPRA) Angkatan LXIII Tahun 2022 Lemhannas RI dalam rangka Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) di Kalteng.

Dalam keterangannya, Kadislutkan Kalteng Darliansjah mengatakan, program pembangunan kawasan tambak udang vaname atau shrimp estate ini dimulai terlebih dahulu di Desa Sei Raja, dengan memperhatikan kehidupan masyarakatnya yang banyak melakukan usaha budi daya tambak udang. Nantinya diharapkan dapat menumbuhkan sumber kekuatan ekonomi baru di wilayah pesisir pantai Kalimantan Tengah.

Sebelumnya, telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Brits Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa (14/6). Lemhannas RI sebagai salah satu lembaga pemerintah non-kementerian bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategis ketahanan nasional, dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Dalam fungsinya di bidang pendidikan, Lemhannas pada tahun ini melaksanakan SLISN dengan tema “Penanganan Isu-Isu Strategis Kalimantan Tengah Dalam Mendukung Pembangunan Nasional”.

Seperti diketahui, budi daya tambak udang vaname di Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara, tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Salah satunya dari Kodim 1014 Pangkalan Bun dengan program Kampung Berkah yang dicanangkan Komandan Korem (Danrem) 102 Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya SE MM. Program ini mampu meningkatkan potensi di daerah, khususnya pedesaan melalui babinsa yang ada di lapangan, dengan melakukan pendampingan kepada para petambak udang vaname. (pendim 1014/pbn/ens/ko)

Exit mobile version