Site icon KaltengPos

Korem 102/Pjg Memperingati Nuzulul Qur’an

Korem 102 Panju Panjung memperingati Nuzulul Qur’an 1443 Hijriah di Masjid Baitul Kholiq, Kompleks Makorem 102/Pjg, Senin (18/4).

Danrem Tekankan Implementasi Nilai-Nilai Alquran dalam Kehidupan

PALANGKA RAYA – Korem 102 Panju Panjung menggelar peringatan Nuzulul Qur’an 1443 Hijriah di Masjid Baitul Kholiq, Kompleks Makorem 102/Pjg, Senin (18/4).

Peringatan Nuzulul Quran 1442 H/2022 M tersebut diikuti prajurit, PNS dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana se-Garnisun Kota Palangka Raya dengan tema “Implementasi Nilai-Nilai Ramadan Dalam Kehidupan Prajurit dan PNS TNI AD”.

Yang hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya SE MM, Kasrem 102/Pjg, para kasi kasrem, Kasiren 102/Pjg, Dandim 1016/Plk, Dan Yonif R 631lAtg, para Dan/Ka Balak Ajurem 102/Pjg, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 102/Pjg dan pengurus. Bertindak selaku penceramah Ustaz Dr Akhmad Supriyadi MSi. Sedangkan pembaca ayat suci Al-Quran adalah Ustaz Aji Maksum.

Saat memberi sambutan, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya menyatakan, pertama peringatan Nuzulul Quran ini dijadikan sebagai wahana silaturahmi untuk mempererat ikatan kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Selanjutnya, Alquran merupakan kalamulloh yang diturunkan kepada Nabi Muhammad  SAW mengandung petunjuk untuk menjadi pegangan bagi umat muslim dan menjadi rahmat bagi seluruh alam.

“Oleh karena itu, maka nilai-nilai Alquran kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, selaras dengan tema “Implementasi Nilai-Nilai Ramadhan dalam Kehidupan Prajurit dan PNS TNI AD,” tegasnya.

Selanjutnya, Ustaz Akhmad Supriyadi dalam ceramahnya menyatakan,  Alquran yang diturunkan pada bulan Ramadan merupakan rahmat dan petunjuk bagi manusia. Beberapa ajaran Alquran, dari sekian banyak yang terkandung di dalamnya, yaitu Alquran mengajarkan untuk selalu belajar. Hal ini terinspirasi dari kata iqra, ayat yang pertama kali turun, yang berarti bacalah. Maksudnya bacalah ayat qauliyah dan kauniyah atau alam semesta.

Selanjutnya ustaz menjelaskan, nilai-nilai Ramadan yang selaras dengan Alquran yaitu nilai-nilai kedisiplinan, semangat menjaga persatuan dan kesatuan serta semangat saling membantu sesama harus menjadi spirit dan inspirasi bagi prajurit, PNS dan keluarganya. (penrem 102/pjg/ens/ko)

Exit mobile version