Site icon KaltengPos

Membantu Masyarakat dan Bermanfaat Bagi Diri Sendiri

Menyambut HUT ke-76, Persit KCK Gelar Donor Darah

FOTO BERSAMA : Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana foto bersama saat donor darah dalam rangka menyambut HUT ke-76 Persit KCK tahun 2022 di Aula Makorem 102/Pjg, Senin (28/3).

PALANGKA RAYA  – Dalam rangka menyambut HUT ke-76 Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) tahun 2022, Persit KCK Koorcab Rem 102 PD XII Tanjungpura menggelar donor darah. Kegiata itu dibuka Ketua Persit KCK Koorcab Rem 102 PD XII Tanjungpura Ny Diyah Yudianto Putrajaya di Aula Makorem 102/Pjg, Senin (28/3).

Dalam kesempatan memberi sambutan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 102 PD XII Tanjungpura Ny Diyah Yudianto Putrajaya menyampaikan, kegiatan ini dilakukan bukan hanya untuk secara sukarela membantu Palang Merah Indonesia (PMI) guna memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat penerima donor. “Tetapi karena kita sebagai pendonor dapat juga merasakan manfaat yang nyata, yang mungkin selama ini belum kita sadari. Seperti yang kita ketahui bersama, darah dapat menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit, bahkan menyelamatkan nyawa yang sampai saat ini belum dapat digantikan ataupun dibuat tiruannya. Donor darah adalah sesuatu yang teramat penting, yang benar-benar berarti “nyawa” bagi kehidupan seseorang,” katanya.

 “Melalui donor darah, sadar atau tidak sadar, telah terjadi simbiosis mutualisme antara pendonor dengan penerima donor. Setiap tetes darah yang kita sumbangkan, tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya. Donor darah dapat mengurangi risiko terjadinya stroke, serangan jantung serta membantu kelancaran peredaran aliran darah (sistem kardiovaskular). Donor darah juga mampu memberikan kesehatan psikologis, yang menumbuhkan keinginan untuk berbagi kebahagiaan membantu masyarakat yang membutuhkan. Dengan membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali, tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri,” ungkapnya.

Ketua Persit KCK juga berharap, donor darah kali ini dapat menjadi magnet yang luar biasa untuk melahirkan suatu pemikiran yang mulia, yang pada akhirnya membuat orang tersadar, kalau hidup ini terbatas, sehingga termotivasi untuk menghargai hidup dan berusaha mencapai tujuan yang mulia. “Peran serta segenap warga Persit Kartika Chandra Kirana bersama-sama dengan Palang Merah Indonesia yang telah terjalin begitu lama, dapat terus terjalin serasi dan harmonis, yang setiap saat dengan tulus ikhlas sebagai abdi masyarakat memberikan tetesan darahnya bagi orang-orang yang sangat memerlukan transfusi darah di mana pun berada,” tegasnya.

Persit KCK akan terus memberikan dukungan serta apresiasi kepada para pendonor reguler, yang selalu hadir dan setia mengikuti donor darah. Terhadap peran Palang Merah Indonesia sebagai organisasi yang netral dan independen untuk tetap berpegang pada prinsip-prinsip dasar gerakan internasional palang merah, untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kerelaan, kesatuan dan kesemestaan.

“Mudah-mudahan donor darah ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, dalam membina, mengembangkan dan memberdayakan kapasitas organisasi di seluruh jajaran Persit Kartika Chandra Kirana guna meningkatkan kualitas potensi sumber daya manusia, agar tujuan organisasi Persit Kartika Chandra Kirana dan Palang Merah Indonesia dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan kita bersama,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 102 PD XII Tanjungpura Ny Diyah Yudianto Putrajaya, Kasi Pers Kasrem Korem 102/PJG Kolonel Caj Dody Mulyadi, Ketua PMI Cabang Palangka Raya yang diwakili Sepre Rariadie, tim kesehatan dari RS TNI AD Palangka Raya, para ketua seksi Persit KCK Koorcab Rem 102 PD Tanjungpura, ketua Persit KCK Cabang XLII Kodim 1016/Plk, ketua Persit KCK Cabang XLIII Yonif Raider 631/Atg, serta para anggota. (penrem 102/pjg/ens/ko)

Exit mobile version